OPTIMALISASI KEMAMPUAN GURU RUMPUN IPA DALAM MENDESAIN RPP MODEL INKUIRI MENGGUNAKAN SUPERVISI BERBASIS COACHING

Jefri Soni Silitonga(1),


(1) SMAN UNGGUL ACEH TIMUR

Abstract


Kemampuan merencanakan pembelajaran merupakan salah satu standar bagi guru untuk melaksanakan pengajaran. Oleh karena itu maka perlu dilakukan pendampingan berupa supervisi akademik secara kontinu, berkesinambungan serta konstruktif dan kreatif agar guru terlibat secara aktif menciptakan suasana belajar yang mampu membangkitkan kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kesesuaian kemampuan guru rumpun mata pelajaran IPA dalam menerapkan RPP model inkuiri dengan menggunakan supervisi akademik berbasis coaching. Metode penelitian yang digunakan adalah action research dengan model Kemmis & Taggart. Pencapaian hasil penelitian dilaksanakan dengan dua (2) siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa rerata kemampuan guru rumpun IPA dalam menyusun RPP model inkuiri adalah 72,62% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,67%. Hal ini merupakan dampak dari pendampingan yang dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan supervisi akademik berbasis coaching.

Keywords


Supervisi akademik, Coaching, Guru, IPA

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z & Rohmanto, E. (2007). Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Joyce, D. (2011). Models Of Teaching. (Achmad Fawaid, Ed.) (Kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemdikbud. (2013). Bahan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013: Supervisi Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Terhadap Guru dan Kepala Sekolah. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Koes, S. (2003). Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Puskur Balitbang Depdiknas. (2007). Kajian Kebijakan Mata Pelajaran IPA. Jakarta.

Riandi, D. (2008). Developing Of Video-Based Coaching Package: Results Of The Second Year Research Project. Paper to be presented at “The 2nd International Seminar on Science Education.” Bandung.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cetakan Ke). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sergiovani, T dan Starratt, R. (2007). Supervision : A Redefinition. New York: Mc Graw-Hill International Book Company.

Soetjipto;, & Kosasi. (1999). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhatman. (2013). Implementasi Pembelajaran Salah Kaprah Di Madrasah Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Retrieved from http://bdkjakarta.kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=847.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis Praktis dan Implikasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widodo, D. (2011). Pengembangan Paket Program Coaching Berbasis Video. Cakrawala Pendidikan, XXX(1).

Witarsa, R. (2011). Analisis Kemampuan Inkuiri Guru Yang Sudah Tersertifikasi Dan Belum Tersertifikasi Dalam Pembelajaran Sains SD. Jurnal Edisi Khusus, (2).




DOI: https://doi.org/10.34007/jons.v1i1.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.