PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI PROGRAM STUDI PGSD

Juwita Tindaon(1),


(1) Universitas Quality Berastagi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan tempat tinggal hasil belajar Mahasiswa Universitas Quality  Berastagi Program Studi PGSD khususnya pada mata kuliah Konsep Dasar PKn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kolerasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang  mahasiswa kelas Universitas Quality Berastagi, dan sampel dalam penelitian ini 50 orang mahasiswa kelas A11 dan A12 Universitas Quality Berastagi karena teknik pengambilan sampel merupakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan hasil tes pada mata kuliah konsep dasar PKn. Pada angket terdapat empat pilihan jawaban dan teknik pemberian skor berdasarkan skala Liker, yaitu 1-4. Dari hasil penelitian diproleh data kedua variabel memiliki pengaruh yang signifikan antara lingkunga tempat tinggal terhadap hasil belajar Mahasiswa Universitas Quality  Berastagi Program Studi PGSD. Dimana nilai t dalam hitungan= 22,87 , dan nilai t dalam tabel = 2,01. Dimana   nilai t dalam hitungan > nilai t dalam tabel maka antara lingkungan tempat tinggal terhadap hasil belajar Mahasiswa Universitas Quality  Berastagi Program Studi PGSD memiliki pengaruh

Keywords


Lingkungan, Hasil Belajar, PGSD, Quality

Full Text:

PDF

References


Sudjana. (2016). Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. (2015). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sary, Yessy N. E. (2015). Psikologi Pendidikan (Untuk Mahasiswa Umum dan Kesehatan). Yogyakarta: Parama Publishing.

Sumadi Suryabarata. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhibbin Syah. (2017). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.34007/jons.v1i1.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.