PENGARUH GAYA BERPIKIR DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA

Yusnidah yusnidah(1),


(1) 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh strategi belajar dan gaya berpikir terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran teknik digital di Akademi Maritim Indonesia Medan. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen melalui analisis data teknis Two Way Anava Faktorial 2x2 pada level signifikansi 5%. Subyek penelitian adalah siswa level. Temuan Penelitian mengungkapkan, bahwa implementasi strategi studi berbasis pada komputer yang lebih baik dibandingkan dengan strategi studi konvensional. Hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret. Selain itu juga ditemukan adanya interaksi antara strategi belajar dan gaya berfikir terhadap hasil belajar teknik digital siswa electronika.

Keywords


Hasil belajar, Gaya berpikir, Teknik digital

Full Text:

PDF

References


Atmodiwirdjo E T . (2001). Melatih Keterampilan Berfikir , Jakarta : UI-Press. Bloon,

Benyamin. S. (1976). Human Theory of .School, New York: MC. - Graw Hill Company. Bobby De Porter,

Mike Hernacki. (2001). Quantum Learning, Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan, Bandung : Kaifa.

Dimyanti dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta.

Gordon Dry den dan Jeannette Vos. 2003. Revolusi cara belajar the learning revolution, Bandung, Kaifa. Rose.

Colin. (2002). Accelerated Learning, Diterjemahkan Dedy Ahumsa.Bandung : Nuasa.

Sayling Wen. (2003). Future of Education(Masa Depan Pendidikan). Alih Bahasa Arvin Saputra.Batam : Lucky Publisher.

Utami Munandar. (2004). Pengembangan Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Williams. Sid E. (2002). Rahasia Pola Fikir Menuju Sukses. Lating Puepose : A Mindset for Success. Jakarta : Tugu Publish




DOI: https://doi.org/10.34007/jons.v1i1.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.