Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Online Pada Toko Online Shop (Studi Kasus Di Kalangan Pemillik Toko Online)

Adinda Putri Siregar(1), Abdul Haris(2), Ressi Dwiana(3),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area

Abstract


Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram yang dipillih Sebagai media pemasaran oleh para pemilik toko online. Masalah difokuskan pada bagaimana fitur-fitur Instagram digunakan untuk promosi, serta dampak positif dan negatif yang dirasakan oleh para pemilik toko online. Penelitian menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan secara objektif, mendalam dari hasil yang diperoleh di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan data observasi, wawancara kepada sejumlah informan, dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Kajian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran online pada toko online shop sesuai dengan teori yang ada. Para pemilik toko online mengakui bahwa Instagram sangat berpengaruh besar dalam pemasaran mereka, dengan memanfaatkan fitur seperti upload foto, video, caption, like, dan hashtag. Dampak positifnya adalah kemudahan dalam mencari pelanggan karena Instagram sangat populer. Namun, dampak negatifnya meliputi tidak adanya hak cipta gambar, kebutuhan kuota besar, dan sinyal yang kuat.


Keywords


Instagram; Media Pemasaran Online

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A., & Rusfian, E. Z. (2020). Eksplorasi Aspek – aspek Penghambat Penerimaan User Telemedicine

pada Daerah Tertinggal di Indonesia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS),

(2), 671–681. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.393

Arwanto, C. P. V., & Wibawani, S. (2022). Implementasi Smart Economy Dalam Pemberdayaan Industri Kecil

Menengah Kota Kediri Menuju Smart City. Perspektif, 11(2), 451–459.

https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.5817

Fadhilah, A. R., & Berliana, R. K. (2022). Strategi Komunikasi Marketing Produk Perawatan Kulit Bloomka

dalam Menarik Minat Beli Konsumen. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS),

(4), 2604–2614. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1140

Halmiaty, N., Haris, A., & Suharyanto, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Agrowisata Paloh Naga Desa

Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. 5(2), 165–173.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i2.2916

Hidayat, O. S., Kholis, A., Hanu, L., & Sibarani, C. G. G. T. (2022). Case Study Method dan Problem Based

Learning Sebagai Model Pembelajaran Digital terhadap HOTS Learning Guru Akuntansi di Masa Era

Revolusi Industri 4.0. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2642–2648.

https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1171

Indri, M., Milfayetty, S., & Astuti, R. (2022). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Dan Sikap Kooperatif Melalui

Permainan Tradisional Tam Tam Buku. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 4(1), 44–52.

https://doi.org/10.31289/tabularasa.v4i1.945

Kusmanto, H., Warjio, W., & Kurniaty, E. Y. (2022). Evaluasi Strategi E-Commerce sebagai Upaya Penguatan

Ekonomi pada Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia. Perspektif, 11(2), 443–450.

https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.5812

Mawasti, W., & Amalia, R. R. (2022). Integrasi Pendekatan Masalah Sosial dan Aset Komunitas Dalam

Memberdayakan Masyarakat Desa di Era 4.0. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences

(JEHSS), 4(3), 1735–1745. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.946

Melni, A., Hasibuan, E. Y., & Suharyanto, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran @ Lapo Mandailing Coffee

Pada Media Sosial Instagram di Kecamatan Panyabungan Marketing Communication Strategy @ Lapo

Mandailing Coffee in Social Media Instagram at Panyabungan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi

Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1), 12–17.

Nasution, I. R., & Sartini, S. (2020). Pelatihan Akuntansi dan Pelatihan Penggunaan Bahan Pengawet kepada

Pengusaha Home Industri Roti Kacang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS),

(3), 573–577. https://doi.org/10.34007/jehss.v2i3.117

Prayoga, G. A. S., & Febriana, P. (2022). Strategi Promosi Dengan Model K-pop Untuk Meningkatkan

Penjualan Pada E-commerce Tokopedia. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS),

(2), 848–854. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1249

Sari, A. L. (2022). Narasi Industri Pemasaran dan Konsumen Baru: Komunikasi Pemasaran Di Media Sosial

dan Perilaku Pencarian Informasi Kalangan Milenial dan Centenial. Perspektif, 11(2), 700–709.

https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.6163

Simarmata, H. M. P., & Saragih, R. S. (2020). Destination Image as a Strategy to Increase the Number of

Tourists for Lake Toba “Monaco of Asia” in Samosir Regency. Journal of Education, Humaniora and

Social Sciences (JEHSS), 3(2), 533–537.

Sinuhaji, V. V., Siregar, N. S. S., & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan

Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif

Wisata Bukit Gundaling Berastagi). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu

Komunikasi (JIPIKOM), 1(2), 105–118. https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i2.159

Sinuhaji, V. V., Siti, N., Siregar, S., & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan

Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ( Studi Deskriptif Kualitatif

Wisata Bukit Gundaling Berastagi ) Marketing Communication Activities of the Karo District Tourism

and Cultu. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2), 105–

Sudin, P. P., Magdalena, R., Priowirjanto, E. S., & Soeikromo, D. (2022). Penyalahgunaan Akun Instagram

Perihal Penipuan Jual Beli Secara Online Ditinjau dari UU ITE dan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 20–26.

https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.842

Syarif, M., Hartono, B., & Isnaini, I. (2023). Implementasi Sistem Online Single Submission Risk Basic

Approach (OSS RBA) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Dinas Penanaman Modal Dan

Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Tamiang. Journal of Education, Humaniora and Social

Sciences (JEHSS), 5(4), 3102–3111. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i4.1768

Tanjung, D. A., & Munte, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Bata Ringan Kepada Home Industri Batu Bata

Konvensional Guna Mendukung Program Pemerintah 1 Juta Rumah Bersubsidi. Journal of Education,

Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 2(3), 578–582. https://doi.org/10.34007/jehss.v2i3.116

Tiar Sirait, F. E. (2020). Manusia Dan Teknologi: Perilaku Interaksi Interpersonal Sebelum dan Sesudah

Media Digtal. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 524–532.

https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.366

Zafallah, Y., Wibowo, K. A., & Fuady, I. (2022). Analisis Isi Penggunaan Facebook dalam Marketing dan

Branding Produk Kecantikan Scarlett dan Skin Dewi. Journal of Education, Humaniora and Social

Sciences (JEHSS), 5(2), 1048–1059. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1364


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Communication and Cultural Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Communication and Cultural Studies

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License