Analisis Teknik Riffing Public Speaking Komika Ramos Ambarita Dalam Menarik Minat Audiens Untuk Menonton Stand Up Comedy

Ade Satria Tanjung(1), Nina Siti Salmaniah Siregar(2), Angga Tinova Yudha(3),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area

Abstract


Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk menganalisis teknik riffing yang digunakan oleh komika Ramos Ambarita dalam menarik minat audien untuk menonton pertunjukan stand up comedy. Masalah difokuskan pada analisis Teknik Riffing Public Speaking komika Ramos Ambarita dan pengaruh teknik Riffing terhadap minat audiens untuk menonton stand up comedy. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik observasi dan wawancara terhadap Ramos Ambarita dan audiens. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik riffing yang digunakan oleh Ramos Ambarita meliputi kemampuan dalam mengimprovisasi materi, mengolah lelucon spontan, dan berinteraksi dengan audiens secara spontan. Teknik ini mampu menarik perhatian audiens dan memberikan pengalaman komedi yang berbeda dari pertunjukan stand up comedy biasa. Kesimpulannya, teknik riffing adalah salah satu teknik penting dalam public speaking yang dapat meningkatkan daya tarik pertunjukan stand up comedy dan Ramos Ambarita mampu menggunakannya dengan baik dalam penampilannya.


Keywords


Stand up Comedy; Teknik Riffing; dan Komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Anastasya, R., Sahputra, D., & Dwiana, R. (2022). Twitter Sebagai Sarana Mengakses Informasi Pelecehan

Seksual (Studi Netnografi Thread Korban Pelecehan “Fetish Kain Bungkus”). Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 4(2), 143–149.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v4i2.1436

Baiti, N. T., Hasibuan, E. J., & Suharyanto, A. (2020). Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Interpersonal Front

Desk dalam Pelayanan Pelanggan di Rumah Sakit Sumatera Eye Center Medan. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 86–94.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.337

Bintang, I. A., Jamil, B., & Matondang, A. (2023). Gaya Komunikasi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota

(DPR-K) Subulussalam Dalam Menjalin Hubungan Dengan masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(1), 101–109.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i1.904

Danny Jonathan Sitompul, E. J. H., & & Rehia K. Isabela Barus. (2020). Efektifitas Komunikasi Interpersonal

Sales Staff Dalam Menerapkan Standar Pelayanan Sukses The Effectiveness of Interpersonal Sales

Staff Communications in Applying Successful Service Standards. Jipikom), 3(1), 27–36.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v3i1.508

Desiana, Z., Rifatah, M. F., & Sahputra, D. (2022). Komunikasi Verbal dan Non-Verbal Sales Promotion Girl

dalam Proses Pemasaran Produk Rokok. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 4(1), 1–6.

https://doi.org/10.31289/tabularasa.v4i1.638

Fatimah, R., Hasibuan, E. J., & Novri, N. (2020). Peran Public Relations dalam Mengelola Publikasi Program

Kemitraan di PT. Telkom Regional I Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu

Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 104–109. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.339

Hasibuan, G. J. W., Badaruddin, B., & Kusmanto, H. (2022). Implementasi Kebijakan Dana Desa di Desa Deli

Muda Hulu Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Perspektif, 11(3), 1181–1193.

https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i3.6469

Kunaifi, A., Siregar, N. S. S., & Hartono, B. (2023). Implementasi Qanun No. 7 Tahun 2016 dalam Upaya

Restorasi di Desa Tenggulun, Aceh Tamiang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences

(JEHSS), 5(4), 2657–2674. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i4.1660

Munte, S. W., Fadilah, R., & Lubis, R. (2022). Perbedaan Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Antara Siswa Yang

Belajar Daring Dan Luring Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Swasta Katolik Budi Murni 3

Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1087–1095.

https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1377

Nugraha, D. S. (2022). Pemberdayaan Kelompok Penggerak Pariwisata di Kabupaten Sumedang. Journal of

Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 304–313.

https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1202

Nurdiansyah, R., Hasibuan, E. J., & Novri, N. (2019). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menerapkan

Pendidikan Karakter Terhadap Kelas IX Fullday di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2), 81–93.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i2.143

Ritonga, B. J. A., Siregar, N. S. S., & Novri, N. (2020). Teknik Komunikasi Interpersonal Guru BP dalam

Menangani Siswa Bermasalah (Studi Kualitatif di SMA Negeri 11 Medan). Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 115–121.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.346

Saragih, E. E., Mustamam, & Mukidi. (2019). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). Vol

, No.(1).

etiaji, C. A., Setiaji, C., & Rinawati, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran GGE sebagai Upaya

Peningkatan Keterampilan Softskill Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Journal of Education,

Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 314–323. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1203

Silalahi, B., Munir, A., & Murad, A. (2019). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial dengan Subjective

Well-Being Korban Penyalahguna Napza di Balai Rehabilitasi Sosial Napza Insyaf Medan. Tabularasa:

Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i1.261

Siregar, N. S. S., Vita, N. I., & Sari, W. P. (2022). Peningkatan Keterampilan Public Speaking dan Etika

Komunikasi Bagi Pengurus dan Anggota Tim Penggerak PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) se

Kota Medan. Pelita Masyarakat, 4(1), 23–32. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v4i1.6953

Situmorang, I. H., Hasibuan, E. J., & Suharyanto, A. (2020). Culture Shock Dalam Interaksi Komunikasi Antar

Budaya Pada Mahasiswa Asal Papua Di Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 95–103.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.338

Wahyuni, I., Siti, N., Siregar, S., & Saakinah Tamsil, I. (2023). Manajemen Komunikasi PT Radio Start Srasi

Swara 102, 6 FM dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan pada Pendengarnya Communication

Management of PT. Radio Start Srasi Swara 102,6 FM in Improving The Quality of Serviceto Listener.

Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(2), 127–133. https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i2.889

Waridah, W., & Wiflihani, W. (2022). Merangsang Kreativitas Anak melalui Bahasa. Journal of Education,

Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2334–2340.

Wicaksono, B. S. (2021). Parodi Politik dalam Demokrasi Digital Studi Kasus: Akun Instagram Nurhadi-Aldo.

Perspektif, 10(1), 36–46. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i1.3996

Yulistio, D. (2022). Profil Belajar Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Indonesia (Gaya Belajar, Aktivitas

Belajar, Dan Kebiasaan Belajar). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3),

–1370. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.848


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Communication and Cultural Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Communication and Cultural Studies

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License