Analisis Teknik Riffing Public Speaking Komika Ramos Ambarita Dalam Menarik Minat Audiens Untuk Menonton Stand Up Comedy
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk menganalisis teknik riffing yang digunakan oleh komika Ramos Ambarita dalam menarik minat audien untuk menonton pertunjukan stand up comedy. Masalah difokuskan pada analisis Teknik Riffing Public Speaking komika Ramos Ambarita dan pengaruh teknik Riffing terhadap minat audiens untuk menonton stand up comedy. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik observasi dan wawancara terhadap Ramos Ambarita dan audiens. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik riffing yang digunakan oleh Ramos Ambarita meliputi kemampuan dalam mengimprovisasi materi, mengolah lelucon spontan, dan berinteraksi dengan audiens secara spontan. Teknik ini mampu menarik perhatian audiens dan memberikan pengalaman komedi yang berbeda dari pertunjukan stand up comedy biasa. Kesimpulannya, teknik riffing adalah salah satu teknik penting dalam public speaking yang dapat meningkatkan daya tarik pertunjukan stand up comedy dan Ramos Ambarita mampu menggunakannya dengan baik dalam penampilannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anastasya, R., Sahputra, D., & Dwiana, R. (2022). Twitter Sebagai Sarana Mengakses Informasi Pelecehan
Seksual (Studi Netnografi Thread Korban Pelecehan “Fetish Kain Bungkus”). Jurnal Ilmu
Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 4(2), 143–149.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v4i2.1436
Baiti, N. T., Hasibuan, E. J., & Suharyanto, A. (2020). Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Interpersonal Front
Desk dalam Pelayanan Pelanggan di Rumah Sakit Sumatera Eye Center Medan. Jurnal Ilmu
Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 86–94.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.337
Bintang, I. A., Jamil, B., & Matondang, A. (2023). Gaya Komunikasi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota
(DPR-K) Subulussalam Dalam Menjalin Hubungan Dengan masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan,
Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(1), 101–109.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i1.904
Danny Jonathan Sitompul, E. J. H., & & Rehia K. Isabela Barus. (2020). Efektifitas Komunikasi Interpersonal
Sales Staff Dalam Menerapkan Standar Pelayanan Sukses The Effectiveness of Interpersonal Sales
Staff Communications in Applying Successful Service Standards. Jipikom), 3(1), 27–36.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v3i1.508
Desiana, Z., Rifatah, M. F., & Sahputra, D. (2022). Komunikasi Verbal dan Non-Verbal Sales Promotion Girl
dalam Proses Pemasaran Produk Rokok. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 4(1), 1–6.
https://doi.org/10.31289/tabularasa.v4i1.638
Fatimah, R., Hasibuan, E. J., & Novri, N. (2020). Peran Public Relations dalam Mengelola Publikasi Program
Kemitraan di PT. Telkom Regional I Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu
Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 104–109. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.339
Hasibuan, G. J. W., Badaruddin, B., & Kusmanto, H. (2022). Implementasi Kebijakan Dana Desa di Desa Deli
Muda Hulu Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Perspektif, 11(3), 1181–1193.
https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i3.6469
Kunaifi, A., Siregar, N. S. S., & Hartono, B. (2023). Implementasi Qanun No. 7 Tahun 2016 dalam Upaya
Restorasi di Desa Tenggulun, Aceh Tamiang. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences
(JEHSS), 5(4), 2657–2674. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i4.1660
Munte, S. W., Fadilah, R., & Lubis, R. (2022). Perbedaan Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Antara Siswa Yang
Belajar Daring Dan Luring Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Swasta Katolik Budi Murni 3
Medan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(2), 1087–1095.
https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1377
Nugraha, D. S. (2022). Pemberdayaan Kelompok Penggerak Pariwisata di Kabupaten Sumedang. Journal of
Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 304–313.
https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1202
Nurdiansyah, R., Hasibuan, E. J., & Novri, N. (2019). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menerapkan
Pendidikan Karakter Terhadap Kelas IX Fullday di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Jurnal Ilmu
Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2), 81–93.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i2.143
Ritonga, B. J. A., Siregar, N. S. S., & Novri, N. (2020). Teknik Komunikasi Interpersonal Guru BP dalam
Menangani Siswa Bermasalah (Studi Kualitatif di SMA Negeri 11 Medan). Jurnal Ilmu Pemerintahan,
Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 115–121.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.346
Saragih, E. E., Mustamam, & Mukidi. (2019). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). Vol
, No.(1).
etiaji, C. A., Setiaji, C., & Rinawati, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran GGE sebagai Upaya
Peningkatan Keterampilan Softskill Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Journal of Education,
Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 314–323. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1203
Silalahi, B., Munir, A., & Murad, A. (2019). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial dengan Subjective
Well-Being Korban Penyalahguna Napza di Balai Rehabilitasi Sosial Napza Insyaf Medan. Tabularasa:
Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v1i1.261
Siregar, N. S. S., Vita, N. I., & Sari, W. P. (2022). Peningkatan Keterampilan Public Speaking dan Etika
Komunikasi Bagi Pengurus dan Anggota Tim Penggerak PKK (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) se
Kota Medan. Pelita Masyarakat, 4(1), 23–32. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v4i1.6953
Situmorang, I. H., Hasibuan, E. J., & Suharyanto, A. (2020). Culture Shock Dalam Interaksi Komunikasi Antar
Budaya Pada Mahasiswa Asal Papua Di Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan,
Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 95–103.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.338
Wahyuni, I., Siti, N., Siregar, S., & Saakinah Tamsil, I. (2023). Manajemen Komunikasi PT Radio Start Srasi
Swara 102, 6 FM dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan pada Pendengarnya Communication
Management of PT. Radio Start Srasi Swara 102,6 FM in Improving The Quality of Serviceto Listener.
Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(2), 127–133. https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i2.889
Waridah, W., & Wiflihani, W. (2022). Merangsang Kreativitas Anak melalui Bahasa. Journal of Education,
Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2334–2340.
Wicaksono, B. S. (2021). Parodi Politik dalam Demokrasi Digital Studi Kasus: Akun Instagram Nurhadi-Aldo.
Perspektif, 10(1), 36–46. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i1.3996
Yulistio, D. (2022). Profil Belajar Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Indonesia (Gaya Belajar, Aktivitas
Belajar, Dan Kebiasaan Belajar). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3),
–1370. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.848
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Communication and Cultural Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Communication and Cultural Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License