Pengembangan Kurikulum Sosiologi Agama sebagai Model dalam Pelaksanaan Merdeka Belajar bagi Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
(1) Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
(2) Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
(3) Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
(4) Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
(5) Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
(6) Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Arifin, S. & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka†pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia, Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3 (1): 1-11.
Assingkily, M.S. (2020). Upaya Mewujudkan Program Kampus Merdeka Pada Kurikulum PGMI STIT Al Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (2): 62-77.
Baharuddin, M.R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi), Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4 (1): 195-205.
Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Denzin, N. K. dan Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diamond, R.M. (1989). Designing and Improving Courses and Curricula in Higher Education. San Francisco: Jossey Bass, Inc. Publisher.
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Junaid, R. dan Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2): 122-129.
Machali, I., dan Hidayat, A. (2016). The Handbook Of Education Management: Teori, dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mailin. (2021). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Di Perguruan Tinggi, Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (APIC), IV (1): 68-75.
Nanggala, A. dan Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 10-23.
Pearce II, J.A., dan Richard B. Robinson Jr. (2013). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Terjemahan Nia Pramita Sari. Jakarta: Salemba Empat.
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Prosiding Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang. Semarang 5 Agustus 2021.
Siagian, S. P. (2012). Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N.S. (1988). Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Depdikbud RI.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Bengkulu 21 Oktober 2020
Suwadi. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Tinggi: Mengacu KKNI-SNPT Berparadigma Integrasi-Interkoneksi di Program Studi PAI FITK UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XIII (2): 223-252.
Widiyono, A., Irfana, S. dan Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(2): 102-107.
Yusuf, M. dan Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar†dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120-133.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License