Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim pada Mahasiswa Universitas Tjut Nyak Dhien

Yolanda Yolanda(1), Ahmad Yudhira(2), Mella Yunita(3),


(1) Universitas Tjut Nyak Dhien
(2) Universitas Tjut Nyak Dhien
(3) Universitas Tjut Nyak Dhien

Abstract


Pada riset ini bermanfaat untuk melihat dampak mutu pelayanan dan kepercayaan pada kegemaran pelanggan yang menggunakan jasa transportasi online Maxim terhadap mahasiswa Universitas Tjut Nyak Dhien. Tata cara yang dipakai dalam riset ini ialah deskriptif dan kualitatif. Populaasi dan sampel yang digunakan adalah mahasiswa yang memanfaatkan jasa transportasi online Maxim di Universitas Tjut Nyak Dhien. Total jumlah dalam penelitian ini 71 responden. Pada riset ini cara pengumpulan datanya ialah berupa kuesioner serta wawancara. Sistem analisis pada riset ini menggunakan Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis dan Koefisien Determinasi. Analisis Regresi Linier Berganda, Uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji f dan uji determinasi di proses dengan aplikasi SPSS versi 25. Kesimpulan riset menunjukan Mutu Pelayanan serta Kepercayaan secara simultan berpengaruh dan signifikan pada Kepuasan Pelanggan menggunakan Maxim pada mahasiswa Universitas Tjut Nyak Dhien.


Keywords


Kepercayaan; Maxim; Kualitas

Full Text:

PDF

References


Fatihudin, D., & Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Jasa (Vol.53,Issue9). Deepublish.

Firmansyah, M. A. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish

Fian, J. Al, & Yuniati, T. 2016. Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 5 (6),1–18.

Harumni,S.D.2016. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika, 8(2), 115–128.

Mutmainnah.2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Pemasaran Jasa, 5(2), 201 – 216.

Nainggolan, N.P. 2018. Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt Great Seasons Toursand Travel Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 6(1), 231197.

Rafiah, K. K.2019. Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. AlTijarah, 5(1), 46 – 56.

Suwarsito, & Aliya, S. 2020. Kualitas Layanan Dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal llmiah Bina Manajemen, 3(1), 27–35.

Masyhuri Machfudz, M. Afif F.R, Siti Saroh. 2019. Pengaruh Citra Merek Kepercayaan, danKomitmen TerhadapLoyalitas PelangganAplikasi Transportasi Online Gojek di KotaMalang.Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 4.No. 2.

Nafisa Choirul Mar’ati. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya). Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Surabaya.

Nurbani , Aep. Heru Mulyanto. Mursida Kusuma Wardani, Meli Andriyani. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 16.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v6i1.1787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License