Analisis Marketing dan Branding Produk Kecantikan Make Over dan Y.O.U di Media Sosial Facebook

Catherine Novitasari Sihaloho(1), Ikhsan Fuady(2), Kunto Adi Wibowo(3),


(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(3) Universitas Padjadjaran

Abstract


Dalam mempromosikan produk serta meningkatkan pemasaran, perusahaan kecantikan Make Over dan Y.O.U menggunakan bantuan Facebook sebagai salah satu media sosial mereka. Artikel ini meneliti tentang bagaimana kedua brand kecantikan tersebut menggunakan Facebook untuk meningkatkan pemasaran mereka dengan teori viral marketing. Penelitian ini menggunakan 69 sampel yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Dari kedua brand tersebut, produk merupakan tipe unggahan yang paling popular untuk diunggah. Waktu tertentu untuk mengunggah postingan mereka cukup berbeda. Make Over lebih sering mengunggah pada waktu akhir pekan, sedangka Y.O.U lebih sering mengunggah pada waktu diluar jam kerja. Teknik promosi yang digunakan keduanyapun juga berbeda. Make Over sangat jarang mengunggah teknik promosi. Sedangkan Y.O.U lebih sering menggunakan teknik promosi giveaway. Engagement yang didapatkan juga cukup berbeda. Make Over memiliki engagement yang cukup baik meskipun tidak stabil. Sedangkan Y.O.U memiliki Engagement yang kurang baik

Keywords


Teori Pemasaran Viral; Facebook; Media Sosial; Brand Kecantikan; Engagement.

Full Text:

PDF

References


Agam, D. N. (2017). The Impact of Viral Marketing Through Instagram. Australasian Journal of Business, Social Science and Information Technology (AJBSSIT), 4(1), 40-45. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/54526766/The_Impact_of_Viral_Marketing_Through_Instagram-libre.pdf?1506322719=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DThe_Impact_of_brand_Marketing_Through_In.pdf&Expires=1678379265&Signature=fpWwVLNXR9nqgN

Ainiyah, N. (2018). REMAJA MILLENIAL DAN MEDIA SOSIAL: MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENDIDIKAN BAGI REMAJA MILLENIAL. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/300055495.pdf

Bargh, J. A., & McKenna, Y. K. (2004). THE INTERNET AND SOCIAL LIFE. Annual Review of Psychology, 55, 573-589. doi:https://doi.org/10.1146/annurev.psych.55.090902.141922

Brügger, N. (2015). A brief history of Facebook as a media text: The development of an empty structure. First Monday. doi:https://doi.org/10.5210/fm.v20i5.5423

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., . . . Walker, K. (2020). Purposive sampling: complexor simple? Research case Examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652-661. doi:https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46-65. doi:10.1080/15456870.2015.972282

Damanik, D., Wachyuni, S. S., Wiweka, K., & Setiawan, A. (2019). The Influence of Social Media on the Domestic Tourist's Travel Motivation Case Study: Kota Tua Jakarta, Indonesia. Current Journal of Applied Science and Technology, 36(6), 1-14. doi:10.9734/CJAST/2019/v36i630263

Harwood, T. G., & Garry, T. (2003). An Overview of Content Analysis. The Marketing Review, 3(4), 479-498. doi:https://doi.org/10.1362/146934703771910080

Hernaeny, U. (2021). Pengantar statistika 1. (S. Haryanti, Ed.) Penerbit Sains Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Vm1XEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA33&dq=populasi+penelitian+adalah&ots=N_Ye9um8Hr&sig=8N5ZRiSh94nrEhP3mrGYk6x0I4U&redir_esc=y#v=onepage&q=populasi%20penelitian%20adalah&f=false

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015, April). PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 21(1), 1-8. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=314239&val=6468&title=PENGARUH%20PROMOSI%20ONLINE%20DAN%20PERSEPSI%20HARGA%20TERHADAP%20KEPUTUSAN%20PEMBELIAN%20Survei%20Pada%20Pelanggan%20Aryka%20Shop%20di%20Kota%20Malang

Nalina, K. G., & Palanivelrajan, B. (2015). MICRO LEVEL EMPIRICAL STUDY ON VIRAL MARKETING IN MADURAI. INTERNATIONAL JOURNAL OF MANAGEMENT (IJM), 6(1), 233-238. Retrieved from https://www.academia.edu/download/40875650/MICRO_LEVEL_EMPIRICAL_STUDY_ON_VIRAL_MARKETING_IN_MADURAI.pdf

Nurlan, F. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Asnidar, Penyunt.) CV. Pilar Nusantara.

Oberlo. (2022). Oberlo. Retrieved from id.oberlo.com: https://id.oberlo.com/statistics/how-many-users-does-facebook-have#:~:text=According%20to%20the%20latest%20data,over%20the%20past%20few%20years.

Rayport, J. (1996). The Virus of Marketing. Fast Company(6), 68. Retrieved from http://www.frederikhermann.com/uploads/rayport_the_virus_of_marketing.pdf

Riffe, D., Lacy, S., Watson, B., & Fico, F. (2019). Analyzing Media Messages Using Quantitative Content Analysis in Research Fourth Edition. New York: Taylor & Francis.

Shen, B., & Bissell, K. (2013). Social Media, Social Me: A Content Analysis of Beauty Companies’ Use of Facebook in Marketing and Branding. Journal of Promotion Management, 19(5), 629-651. doi:https://doi.org/10.1080/10496491.2013.829160

Urva, G., Pratiwi, M., & Syarief, A. O. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 56-61. Retrieved from https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/301/201

Yang, J., Yao, C., Ma, W., & Chen, G. (2010). A study of the spreading scheme for viral marketing based on a complex network model. Physica A, 389(4), 859-870. doi:https://doi.org/10.1016/j.physa.2009.10.034




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v6i1.1834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License