Memahami Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa SMP IT Yarsi Mataram
(1) Universitas Islam Negeri Mataram
(2) Universitas Islam Negeri Mataram
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab di SMP IT YARSI Mataram, yang memiliki kekhususan sebagai sekolah Islam. Metode penelitian kualitatif digunakan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru bahasa Arab, dan analisis dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran guru. Guru bahasa Arab dan siswa SMP IT YARSI Mataram kelas IX Al Kindi menjadi subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian mengungkapkan variasi strategi pengajaran, seperti penggunaan metode inovatif (ice breaking, tebak kata berjajar, dan permainan edukatif), teknologi (aplikasi Canva dan LCD Proyektor), dan pendekatan personalisasi. Guru memahami kebutuhan individual siswa, memberikan dukungan sesuai dengan pemahaman dan minat mereka. Faktor internal, seperti self-efficacy, minat, nilai-nilai personal, dan eksternal seperti lingkungan, kualitas pengajaran, dukungan sosial, dan struktur sekolah, memengaruhi motivasi siswa. Dengan kombinasi strategi inovatif, pemanfaatan teknologi, dan pendekatan personalisasi, guru bahasa Arab di SMP IT YARSI Mataram berhasil menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan memotivasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Razaq, A. R., & Ibrahim, M. (2023). Strategi Guru DalamMenerapkan KurikulumMerdeka Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar. ULILALBAB:JurnalIlmiahMultidisiplin, 2(7), 2664–2674. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/1717/1459
Ahmid, M. H., Abdullah, M. K., & Johari, K. (2018). Pengajaran Guru dan Kepercayaan Motivasi Pelajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJ - SSH), 3(3), 136–147.
Al Ghozali, M. D. H., & Mathoriyah, L. (2020). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa MAN 1 Jombang. Jurnal Education and Development, 8(4), 88–92. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2090/1089
Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551
Arimul, H., & H, H. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. CV Pustaka Setia.
Ariyanti, H., & Syarifah, S. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Mts Nurul Muttaqin Simpang Tiga. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 45–55. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2080
Asrori, M. A. R., Koiriyah, K., & Purwananti, Y. S. (2023). Pengembangan Konten Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Efektor, 10(2), 242–252. https://doi.org/10.29407/e.v10i2.20399
Basith, A., & Masruroh, A. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Dengan Metode Ice Breaking Di Madrasah Aliyah Al-Amiriyyah Banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 214–227. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v3i2.2364
Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7.
Fitri Sukmarini, Mauludiyah, L., Muhammad Ainur Roziqi, & Nurdianto, T. (2021). Interactive Arabic Learning Media based on Articulate Storyline 3 to Increase Students’ Motivation / Pemanfaatan Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa. Al MahÄra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 106–121. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-06
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Lexy, J. M. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Lorenza, V. (2022). Efforts in improving Arabic and Islamic Learning Motivation at Tbong Khmum Muhammadiyah Education Center. 2(1), 51–62.
Maimanah, N. I., & Romelah. (2022). Implementasi Media Canva untuk pembelajaran Bahasa Arab di TPQ At-Thohiriyah Brondong Lamongan. STAIKA (Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam), 5(2), 11–118. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/63
Maryono, M., Susanto, H., & Redho Syam, A. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD proyektor terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di sekolah. Journal of Islamic Education and Innovation, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6720
MD, A. A. P., Zahra, M., Ningrum, P. W. O., & Tabroni, I. (2023). Singing Method: Easily Memorize Arabic Vocabulary and Mahfudzat. International Journal of Scientific Multidisciplinary Research, 1(2), 85–96. https://doi.org/10.55927/ijsmr.v1i2.3357
Meiliati, R., Darwis, M., & Asdar. (2018). Pengaruh motivasi belajar, self efficacy, dan self regulated learning terhadap hasil belajar matematika. Issues in Mathematics Education , 2(1), 83–91. http://www.ojs.unm.ac.id/imed
Oktavia, L., Saefuloh, H., & Wahyudin, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 12(2), 189. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v12i2.15238
Purba, N. A., & Jamil, K. (2023). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Moderen Ta’dib Al-Syakirin Kelas VII. Journal of Education Research, 4(3), 1259–1264. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.335
Putri, S. N., Manuk, I. L., Hedwidgis, M., & Nirmalasari, M. A. Y. (2022). Kajian Isu Sosiosaintifik dalam Warisan Budaya Sikka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 761–771. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.681
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Ulum, M., & Firdausiyah, A. (2023). Strategi Guru Bahasa Arab dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im (MINM). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9630–9639. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3316
Wahyudi, I., & Maesaroh, S. (2022). Implementasi Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Assunniyyah Kencong Jember. An-Nuqthah Jounal Of Research Dan Community Servive, 2(1), 40.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v6i4.2116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License