Sinergisitas Pendidikan Seni Kriya Pada Kurikulum Pendidikan dan Non Pendidikan

Wahyu Tri Atmojo(1), Misgiya Misgiya(2), Adek Cerah Kurnia Azis(3), Srimutia Elpalina(4), Agustina Agustina(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Univeritas Negeri Medan
(3) Univeritas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Padang
(5) Universitas Negeri Padang

Abstract


Pendidikan seni kriya di Indonesia menjadi krusial dalam menghadapi perubahan dan perkembangan, terutama di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sinergisitas Pendidikan Seni Kriya pada Kurikulum Pendidikan dan Non Pendidikan dengan fokus pada institusi khusus non LPTK (Institut Seni Indonesia dan ISBI Bandung) serta LPTK (Universitas Negeri Medan). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kriya di kedua jenis institusi memiliki kurikulum yang mapan, ditandai dengan capaian pembelajaran yang terukur dan penekanan pada pengembangan keterampilan, keahlian, dan pengetahuan dalam seni kriya. Institusi non LPTK lebih menekankan pada penciptaan seniman dan desainer yang inovatif, sementara LPTK memiliki orientasi pada pengembangan kompetensi guru profesional. Sinergi antara kedua jenis institusi dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan seni kriya di Indonesia, dengan menghasilkan lulusan yang handal dan adaptif terhadap perkembangan global. Adapun peran kurikulum menjadi krusial dalam menyesuaikan pendidikan kriya dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman, seiring dengan implementasi Kualifikasi Kerangka Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan (SNPT). Evaluasi terhadap kurikulum dan pelaksanaan tracer study dapat menjadi langkah strategis untuk memastikan relevansi dan kualitas pendidikan kriya di Indonesia.


Keywords


pendidikan, seni kriya, kuirkulum.

Full Text:

PDF

References


Atmojo, W. T. (2013). Penciptaan Batik Melayu Sumatera Barat. Panggung Jurnal Ilmiah Seni Dan Budaya, 23(1).

Azis, Adek Cerah Kurnia; Lubis, S. K. (2023). Digitalisation of Teaching Materials for Toba Batak Ethnic Decorative Variety with Procreate Media Based on p-Books and e-Books. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(3), 782–793.

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Pembelajaran Seni Rupa Berdasarkan Perspektif Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4948

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Qualitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education.

Creswell, J. W. (2014). Research Design. California: SAGE.

Elpalina, S., & S, N. (2023). Peranan Kreativitas Siswa di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Sibirantulang : Pendidikan Anak Usia Dini, I(1), 8–14. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX

Gultom, S. (2016). Panduan 6 Penugasan. Universitas Negeri Medan.

Kunaefi, T. D. (2007). Rambu-rambu Akademik Pendidikan Tinggi Seni Indonesia (Edisi 2). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Kurniawan, H., & Budiyono. (2021). Hero’s Model: Case Study To Reduce Students’ Learning Loss and Anxiety. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(2), 1122–1140.

Lubis, I., & Hasudungan, A. N. (2022). Yamin’s Sociocultural and Mythical Creation of Colonized Indonesia by Dutch for 350 Years. Malala, 10(3), 38–55.

Nurwardani, P. (2018). Reorientasi Kurikulum Pendidikan Tinggi Era Revolusi Industri Berbasis KKNI. Jakarta: Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknlogi, dan Pendidikan Tinggi.

Raharjo, T. (2013). Penciptaan Seni Kriya: Persoalan dan Model Penciptaan.

Rizky, M., & Misgiya, M. (2022). Tinjauan Aspek Motif dan Bentuk pada Kriya Tas Batik Sumatera Utara di Sanggar Seni Pendopo. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1380–1388. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.857

Stenberg, R. J., & Lubart, T. I. (1993). The Concept of Creativity: Prospects and Paradigsm. In Handbook of Creativity. New York: Cambridge University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v6i4.2124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License