Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Restoran Hotel Grand Arkenso Semarang

Ayu Santrianis Geba(1), Mukhamad Kholil Aswan(2),


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan tamu di Restoran Hotel Grand Arkenso Semarang. Studi ini dilakukan mengikuti pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda untuk menganalisis hubungan antara variabel independen (kualitas produk dan kualitas pelayanan) dengan variabel dependen (kepuasan tamu). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 133 tamu yang menginap selama satu bulan terakhir di hotel tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap kepuasan tamu dibandingkan dengan kualitas produk. Meskipun kualitas produk juga memiliki kontribusi yang signifikan, kombinasi antara kualitas produk yang baik dan layanan yang prima dapat menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi tamu. Studi ini juga menggarisbawahi pentingnya pendekatan holistik dalam manajemen hotel dan restoran, di mana manajemen perlu mempertimbangkan berbagai aspek seperti harga yang kompetitif, fasilitas yang memadai, promosi yang efektif, dan tentunya kualitas produk dan layanan yang konsisten. Dengan memahami preferensi dan ekspektasi tamu serta konteks industri perhotelan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan terintegrasi dan komprehensif diperlukan untuk memastikan pengalaman tamu yang optimal dan memuaskan di Restoran Hotel Grand Arkenso Semarang serta industri perhotelan secara umum.


Keywords


Kepuasan Tamu; Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Amonius A.T. (2021). Laporan studi literatur atribut-atribut kualitas layanan yang menjadi prioritas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di industri perhotelan. http://repository.wima.ac.id/25359/

Basit, A., & Handayani, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 165. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i2.954

Hamzah, F., Setiyariski, R., & Ghani, Y. A. (2020). Analisis Kepuasan Terhadap Loyalitas Tamu Menginap di Hotel Berbintang Kota Bandung. Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.551

Jelanu, Y. E., & Ayu, S. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Velvet Hotel Gunawangsa Merr. Jurnal AKTUAL, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.47232/aktual.v21i1.289

Lisarani, V., Bander, S., Pradita, D. A., Setiawan, A., Pohan, R., Musa, M., Putro, S., Abduh, I., Rosnani, Sukarman, S., Mukin, M., Nasution, Z., Maryati, I., Natu, N., Yulianto, A., & Pakpahan, O. (2023). Statistik Dasar: Teori & Kajian Praktis (Issue August).

Marlin, T. & M. (2005). Analisis Pelayanan Hotel Terhadap Kepuasan Tamu. October, 5.

Nidyawati, N., & Hartini, I. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Bukit Serelo Lahat. Motivasi, 6(2), 88. https://doi.org/10.32502/mti.v6i2.3760

Noor, S., Tajik, O., & GolzarJawad. (2022). Sampling Method | Descriptive Research Simple Random Sampling. International Journal of Education & Language Studies, 1(2), 78–82.

Nur, M., & Fadili, D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Travellers Hotel Jakarta. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(1), 38. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.10151

Pradana, I. Y., Revissa, T. vanidya, & Pradana, T. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keterampilan Komunikasi Front Office Terhadap Kepuasan Tamu Hotel Vega Tangerang. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 1267–1273. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i4.913

Purnomo, H., Sardanto, R., & Muslih, B. (2021). Signifikansi Harga, Fasilitas Dan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Hotel. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(1), 67–78. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.167

Rahayu, S., & Nurlaela Wati, L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis, Dan Manajemen, 8(2), 1–20. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Syariah, K. B., & Ilmu, G. (2023). Rumus Slovin:Panacea1 Masalah Ukuran Sampel. september 2016, 1–6.

Tedisyah, R. T. (2021). Laporan studi literatur analisis kualitas pelayanan pada tiga layanan jasa berbeda. http://repository.wima.ac.id/24577/

Wahyu, N. U., Mulyati, & Oktaviani, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Housekeeping Department Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu Menginap Di Hotel Santika Premiere Harapan Indah Bekasi. Journal of Mandalika Review, 1(2), 24–29. https://doi.org/10.55701/mandalika.v1i2.35

Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712

Yudha, E. P., Rifai, A. A., & Adela, A. S. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN RESTORAN CEPAT SAJI McDONALD’S. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(2), 1003. https://doi.org/10.25157/ma.v8i2.7558

Yuliatin, A. S. (2013). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN FUZZY DI HOTEL & RESTAURANT ABC PACITAN. http://eprints.upnjatim.ac.id/6138/




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v6i4.2138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License