Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Kembang Griya Cahaya di Bogor

Asihita Prasasti Bakti(1), Aletta Dewi Maria TH(2),


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
(2) sekolah tinggi ilmu ekonomi pariwisata indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan klarifikasi metodologi yang lebih mendetail dan menyempurnakan informasi tentang sampel. Metodologi penelitian ini mencakup pengukuran variabel-variabel menggunakan skala Likert dengan rentang nilai tertentu untuk menilai kualitas layanan dan fasilitas. Selain itu, analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel independen seperti kualitas layanan dan fasilitas dengan variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan. Dalam hal penyempurnaan informasi tentang sampel, penelitian ini melibatkan 96 responden yang dipilih secara purposive dari pelanggan PT. Kembang Griya Cahaya di Bogor, Indonesia. Karakteristik responden mencakup berbagai kelompok usia, latar belakang pendidikan, dan tingkat pengalaman menggunakan properti dari PT. Kembang Griya Cahaya. Pemilihan sampel dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan representasi yang memadai dari populasi pelanggan yang lebih luas, sehingga temuan dari penelitian ini dapat lebih diterapkan secara umum dalam industri properti di Indonesia. Dengan adanya klarifikasi metodologi yang lebih mendetail dan informasi yang disempurnakan tentang sampel, pembaca dapat memahami proses penelitian ini dengan lebih baik, termasuk cara pengukuran variabel, analisis yang digunakan, dan konteks dari temuan yang dihasilkan. Hal ini juga meningkatkan generalisabilitas temuan dan kepercayaan terhadap hasil penelitian ini tentang industri properti di Indonesia.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Fasilitas; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Karimuddin, Misbahul Jannah, Ummul Aiman, Suryadin Hasda, Zahara Fadilla, Taqwin, Masita, Ketut Ngurah Ardiawan, and Meilida Eka Sari. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Achsa, Andhatu, and Hamdan Berlian Wibisono. 2021. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Melakukan Servis Kendaraan (Studi Kasus Di Ahass Astra Honda Motor Kedungsari Kota Magelang).†Image : Jurnal Riset Manajemen 9(2):92–100. doi: 10.17509/image.v9i2.25936.

Alfajar, Fachrul, Mustainah, Muzakir Tawil, and Jetty Jetje Polii. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makassar Jeans House Kota Palu.†Jurnal Administration and Management Public Literation 1(1):37–50.

Arifin, Zainal. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Kara Guest House Sragen.â€

Garate, Jhonny. 2017. “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PROPERTI DI PT RESTU ADI KARANGANYAR Disusun.†Occupational Medicine 53(4):130.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Universitas Diponegoro. Semarang.

Kamila, Nisrina, and Aditya Wardhana. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Setelah Layanan Haji Dan Umrah Di Buka Kembali Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya).†Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 17(1):548. doi: 10.35931/aq.v17i1.1708.

Noor, Asmirin. 2022. Manajemen Pemasaran.

Pandesia, Alvaris Edward, Ivonne Saerang, and Jacky Sumarauw. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Griya Paniki Indah Manado.†Jurnal EMBA 5(2):1315–26.

Rahardja. 2015. “Penggunaan Dashboard Untuk Mengontrol Kinerja Profesionalisme Pegawai Pada Pt . Sinarmas Land Property.†Jurnal Teknologii Informasi Dan Multimedia 1(2):415–18.

Rahmadi, S.Ag., M. Pd. I. 2011. Metodologi, Pengantar. Banjarmasin.

Sari, R. N. P., and T. M. E. Seleta. 2023. “Customer Relationship Dan Kepuasan Pelanggan Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Produk Agent Eagle Tree Property.†Jurnal Sains Student … 1(1).

Stanley, Vincent, and Helena Sidharta. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Kost Surabaya Barat.†Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis 8(4):418–27.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sundari, Indah, and Yahya Tanjung. 2023. “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT Bintang Reality Multiland.†MAKREJU:Manajemen Kreatif Jurnal 1(1):190–200.

Widiyanto, Ibnu, and Jurusan Manajemen. 2016. “ANTESEDEN MINAT BERKUNJUNG ULANG (Studi Pada Cagar Budaya Bedung Lawang Sewu Semarang).†Diponegoro Journal of Management 4(2):1–9.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v6i4.2165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License