TikTok Shop sebagai Bentuk Realitas Konstruksi Sosial Teknologi Media Baru
(1) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jakarta
(2) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jakarta
(3) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jakarta
Abstract
TikTok Shop merupakan sebuah fitur yang dikeluarkan oleh media sosial TikTok yang memberikan fasilitas jual-beli untuk penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami TikTok Shop sebagai fenomena media baru dalam konteks konstruksi sosial dengan menerapkan Teori Social Construction of Technology (SCOT). Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menggali persepsi, interpretasi, dan pengalaman para pengguna TikTok Shop, sementara studi kepustakaan dilakukan untuk merinci perkembangan dan karakteristik media sosial tersebut. Dalam kerangka SCOT, penelitian ini akan menyoroti bagaimana TikTok Shop dibentuk, diterima, dan diadopsi oleh komunitas pengguna teknologi yang mempengaruhi konstruksi sosialnya. Analisis mendalam melalui sumber literatur dengan mengaitkan Teori SCOT untuk memperkuat pemahaman terhadap proses konstruksi sosial dalam pengembangan dan penyebaran TikTok Shop.Temuan penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai peran SCOT dalam menganalisis dan memahami konstruksi sosial TikTok Shop sebagai bagian dari fenomena media sosial. Penelitian ini tidak hanya akan memberikan sumbangan bagi pemahaman teoretis SCOT, tetapi juga dapat membantu pengembangan strategi pemasaran, kebijakan, dan pengembangan produk di era media sosial yang terus berkembang. Melalui penelitian ini menemukan bahwa TikTok Shop merupakan suatu inovasi dari perkembangan teknologi yang mempengaruhi kehidupan manusia dan bahkan dapat mengubah dunia e-commerce di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfaruqy, Z., & Irwansyah, I. (2022). Aplikasi Halodoc sebagai Bentuk dari Konstruksi Sosial dalam Media Baru di Masa Pandemik Covid 19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2835. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6379
Anisa, Risnawati, R., & Chamidah, N. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230
Annur, C. M. (2023, October 4). Sebelum Tutup di Indonesia, Pangsa Pasar TikTok Shop Diprediksi Melesat pada 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/04/sebelum-tutup-di-indonesia-pangsa-pasar-tiktok-shop-diprediksi-melesat-pada-2023
Bijker, W., Hughes, T., & Pinch, T. (1984). The Social Construction of Technological Systems: New Directions in The Sociology and History of Technology. MIT Press.
Bur, R., Ayuningtyas, F., & Muqsith, M. A. (2023). Pemanfaatan TikTok Sebagai Media Informasi Baru Generasi Z. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2).
Creswell, J., & Creswell, J. D. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods (4th ed.). Sage Publication.
Darudiato, S., & Setiawan, K. (2013). Knowledge Management: Konsep dan Metodologi. Jurnal Ultima InfoSys, 4(1), 11–17. https://doi.org/10.31937/si.v4i1.237
Irwanto, & Irwansyah. (2020). Pendekatan Social Construction of Technology untuk Teknologi Pendidikan di Indonesia. Media Komunikasi FPIPS, 19(1), 28. https://doi.org/10.23887/mkfis.v19i1.24184
Klein, H. K., & Kleinman, D. L. (2002). The Social Construction of Technology: Structural Considerations. Science, Technology, & Human Values, 27(1), 28–52. https://doi.org/10.1177/016224390202700102
Kussanti, D. P. (2023). Konstruksi Sosial Media Pada Makna Realitas TikTok di Masyarakat. Jurnal Public Relations (J-PR), 3(2), 119–122. https://doi.org/10.31294/jpr.v3i2.1639
Latuheru, M. N., & Irwansyah. (2018). Aplikasi Traveloka sebagai Bentuk Konstruksi Sosial Teknologi Media Baru. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(2).
Leonidovich Muzykant, V., Abdul Muqsith, M., Burdovskaya, E. Yu., Palagina, I. Vl., Barabash, V. V., & Volkova, I. I. (2021). Contemporary Transportation Applications as New Forms of Social Construction Technology. 2021 Fifth World Conference on Smart Trends in Systems Security and Sustainability (WorldS4), 6–11. https://doi.org/10.1109/WorldS451998.2021.9514063
McLuhan, M. (1994). Understanding Media: The Extensions of Man (L. H. Lapbam, Ed.). MIT Press.
Muqsith, M. A. (2021). Teknologi Media Baru: Perubahan Analog Menuju Digital. Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 5(2), 33–40. https://doi.org/10.15408/adalah.v5i2.17932
Nathalia, H. B., & Irwansyah. (2018). Aplikasi Transportasi Online Go-Jek Bentuk dari Konstruksi Sosial Teknologi dalam Media Baru. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 227–235. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3737
Putra, R. D., Wahid, U., & Cangara, H. (2022). Konstruksi Sosial Teknologi Media Baru Aplikasi Telemedicine oleh Kelompok Relevan Dokter. Jurnal Riset Komunikasi, 13(2), 196. https://doi.org/10.31506/jrk.v13i2.16689
Ranti, R. F., Nuraini, P., & Firmansyah, R. (2022). Strategi Promosi pada Aplikasi TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 76–80. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1121
Rosmiati, R. (2022). Dari Video ke Toko: Budaya Konsumen Melalui Media Sosial Tiktok Shop. Saskara : Indonesian Journal of Society Studies, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.21009/Saskara.022.01
Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop pada Aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131–140. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami (1st ed.). Pustaka Baru Press.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v7i1.2301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License