Peran Media Baru dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Generasi Z (Studi: Penggunaan TikTok sebagai Sarana Pemasaran Politik Partai Kebangkitan Bangsa Menuju Pemilu 2024)
(1) Universitas Diponegoro
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alessandro, M., Cardinale Lagomarsino, B., Scartascini, C., Streb, J., & Torrealday, J. (2021). Transparency and trust in government evidence from a survey experiment. World Development, 138, 105223. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2020.105223
Arrsa, R. C. (2016). Pemilu Serentak dan Masa Depan Konsolidasi Demokrasi. Jurnal Konstitusi, 11(3), 515. https://doi.org/10.31078/jk1136
Chhabra, D. (2019). Authenticity and the authentication of heritage: dialogical perceptiveness. Journal of Heritage Tourism, 14(5–6), 389–395. https://doi.org/10.1080/1743873X.2019.1644340
Dai, T., Hein, C., & Zhang, T. (2019). Understanding how Amsterdam City tourism marketing addresses cruise tourists’ motivations regarding culture. Tourism Management Perspectives, 29, 157–165. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2018.12.001
Damayanti, N., & Hamzah, R. E. (2017). Strategi Kampanye Politik Pasangan Jokowi-Jk Pada Politik Pemilihan Presiden 2014. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 279. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.52
Dewi Rastikasari, H. H. F. (2024). Peran+Vital+Peradilan+Sengketa+Hasil+Pemilihan+Umum+Dalam+Mewujudkan+Demokrasi+Substantif+Guna+Mencari+Arah+Pemilu+2024+. 4(November 2023), 142–155.
Dinaka, B. R., & Arsil, F. (2023). Pengembalian Fungsi Pengawasan Pemilu Kepada Masyarakat Sebagai Wujud Penyelenggaraan Pemilu Yang Demokratis. Jurnal Konstitusi & Demokrasi, 3(1). https://doi.org/10.7454/JKD.v3i1.1304
Fariastuti, I., & Mukka, P. (2020). Kampanye Public Relations #Medialawancovid19 Di Media Massa. Jurnal Pustaka Komunikasi, Volume 3(2), 212–220. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom
Friederichs-Büttner, G., Walther-Franks, B., & Malaka, R. (2012). An unfinished drama: Designing participation for the theatrical dance performance Parcival XX-XI. Proceedings of the Designing Interactive Systems Conference, DIS ’12, 770–778. https://doi.org/10.1145/2317956.2318072
Gulo, D. J., Simamora, P. R. T., & ... (2022). Pola Komunikasi Politik Dalam Menampung Aspirasi Masyarakat. Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6, 93–103. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/1261%0Ahttps://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/download/1261/1078
Hasfi, N. (2019). Komunikasi politik di era digital. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 1(1), 93–111. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/1261%0Ahttps://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/download/1261/1078
Indrayani, I. I. (2012). Media Dan Politik Citra Dalam Politik Indonesia Kontemporer. Scriptura, 3(2), 129–139. https://doi.org/10.9744/scriptura.3.2.129-139
Junaidi, M. (2020). Tindak Pidana Pemilu Dan Pilkada Oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu. Jurnal Ius Constituendum, 5(2), 220. https://doi.org/10.26623/jic.v5i2.2631
Kartini dkk. (2020). Metode Analisis Framing dalam Media Sosial. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 142.
Kurnianti, A. W. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI PENGGERAK DESA WISATA KABUPATEN WONOSOBO PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180–190. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.24
Kurniawan, A. (2017). TRADISI MEMACAK SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI LOMBOK. http://digilib.uinsby.ac.id/15402/
Laing, J. (2018). Festival and event tourism research: Current and future perspectives. Tourism Management Perspectives, 25, 165–168. https://doi.org/10.1016/J.TMP.2017.11.024
Lubis, I. A. R., Ramdan, A. T. M., & Wiryany, D. (2022). Politik Digital: Manifestasi Komunikasi di Era Digital. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 193–206. https://doi.org/10.51544/jlmk.v6i1.3064
Miceal Josviranto, & Ephivanus Markus Nale Rimo. (2022). Tinjauan Yuridis Tentang Pentingnya Pembentukan Peradilan Khusus Dalam Pemilu Serentak Menurut Undang–Undang No 23 Tahun 2014. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 1(4), 187–195. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.918
Nikmah, C. S., & Suhardiyanto, A. (2021). Strategi Pemenangan H. Nuruddin Amin (Gus Nung) dengan Mengonstruksi Identitas Nahdlatul Ulama pada Pemilihan Legislatif 2019 di Jepara. Unnes Political Science Journal, 5(1), 26–30. https://doi.org/10.15294/upsj.v5i1.44234
Nita Andrianti, T. L. (2019). Pengembangan desa wisata melalui penguatan strategi komunikasi pariwisata. Senadimas Unisri, September, 205–213. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/3249
Nofrima, S., & Qodir, Z. (2021). Gerakan Sosial Baru Indonesia: Studi Gerakan Gejayan Memanggil 2019. Jurnal Sosiologi Reflektif, 16(1), 185. https://doi.org/10.14421/jsr.v16i1.2163
Ratnasari, S., Iip, S., & Ade Sadikin, A. (2021). Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Kewirausahaa Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(5), 74–86.
Riduan, E. (2021). The Concept Of Political Communications In The Digital Era For A Wider Public Service. The 2nd International Conference And Call Paper, 280–288. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/lics/article/view/13738
Sari, F. V., & Wibowo, A. (2019). Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi. Jurnal SIMETRIS, 10(2), 681–686.
Taufiqurrohman, M. M. (2023). Recall election. 48–83. van Hoboken, J. (2019). View article. In Human Rights In The Age Of Platforms (pp. 255–284). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=HieaTioAAAAJ&citation_for_view=HieaTioAAAAJ:M7yex6snE4oC
Wahyudi, V. (2018). Politea : Jurnal Politik Islam POLITIK DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0 MARKETING & KOMUNIKASI POLITIK. Politea: Jurnal Politik Islam, 1(2), 149–168. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/politea
Yousif, N., Cole, J., Rothwell, J. C., Diedrichsen, J., Zelik, K. E., Winstein, C. J., Kay, D. B., Wijesinghe, R., Protti, D. A., Camp, A. J., Quinlan, E., Jacobs, J. V, Henry, S. M., Horak, F. B., Jacobs, J. V, Fraser, L. E., Mansfield, A., Harris, L. R., Merino, D. M., … Dublin, C. (2018). KLASIFIKASI DATA SCIMAGO JOURNAL DAN COUNTRY RANK MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5. Journal of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7761
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v7i2.2418
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License