Politik dalam Bingkai Media: Studi Mediatization of Politics terhadap Konten Sosial Media Dedi Mulyadi

OK Dedy Arwansyah(1), Wiflihani Wiflihani(2), Panji Suroso(3), Helsiana Sigalingging(4), Daniel P Bangun(5),


(1) Mahesa Research Center
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Darma Agung

Abstract


Penelitian ini membahas strategi komunikasi politik Dedi Mulyadi melalui media sosial dalam kerangka mediatization of politics. Dalam konteks politik digital, media sosial telah menjadi ruang utama pembentukan citra politik yang bersifat personal, visual, dan emosional. Dedi Mulyadi memanfaatkan platform seperti YouTube dan Facebook untuk merepresentasikan dirinya sebagai pemimpin yang merakyat, spiritual, dan menjunjung budaya Sunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, serta analisis wacana kritis terhadap konten video yang diproduksi secara rutin dan sistematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dedi Mulyadi berhasil mengadaptasi logika media digital melalui storytelling, simbol budaya, dan narasi populis. Strategi tersebut memperkuat keterhubungan emosional antara politisi dan publik, sekaligus membentuk citra yang konsisten dan efektif di ranah digital. Meski demikian, dominasi narasi personal juga berpotensi mengaburkan substansi kebijakan yang ditawarkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi politik era digital ditentukan oleh kemampuan beradaptasi terhadap logika media yang terus berubah.


Keywords


Komunikasi Politik; Mediatization; Dedi Mulyadi.

Full Text:

PDF

References


Barokah, A. S., Hendra, G., & Faisal Fadilla, N. (2023). New Social Media dan Imagologi Politik Analisis Framing terhadp Konten Politik pada Kanal Youtube Dedi Mulyadi Periode 2021. Epistemik: Indonesian Journal of Social and Political Science, 4(1), 85–104. https://doi.org/10.57266/EPISTEMIK.V4I1.121

Budiardjo, M. (2020). Peran Media Sosial dalam Kampanye Politik di Indonesia. In Jurnal Komunikasi Politik (Vol. 12, Issue 3). Penerbit Media Komunikasi.

Fahrudin, D. (2013). Konglomerasi Media: Studi Ekonomi Politik Terhadap Media Group. Jurnal Visi Komunikasi, 12(1), 82–97.

Goffman, E. (1959). THE PRESENTATION OF SELF EVERYDAY LIFE. Anchor Books.

Hidayat, R. (2021). Dampak Interaksi Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Pemilih Muda. Jurnal Sosial Media Dan Politik, 8(1), 45–58.

Hidayati, F. R. (2021). Komunikasi Politik dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 145–161.

Imsar, & Husaini, A. (2023). Ekonomi Politik Media dalam Perspektif Komunikasi dan Sosial-Budaya. As-Syirkah: Islamic Economics & Finacial Journal, 2(2), 317–324. https://doi.org/10.56672/assyirkah.v2i2.120

Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). Kehadiran media baru (new media) dalam proses komunikasi politik. Medium, 8(1), 1–17.

Maulana, I. A., Amelia, R., Ulfatmi, U., & Wahyuni, A. (2022). THE ROLE OF ISLAMIC EDUCATIONAL PSYCHOLOGY IN CHILD’S SPIRITUAL DEVELOPMENT. Edusoshum : Journal of Islamic Education and Social Humanities, 2(3), 131–142. https://doi.org/10.52366/EDUSOSHUM.V2I3.42

Mazzoleni, G. (2008). Mediatization of Politics. The International Encyclopedia of Communication. https://doi.org/10.1002/9781405186407.WBIECM062

Mazzoleni, G. (2014). Mediatization and Political Populism. Mediatization of Politics, 42–56. https://doi.org/10.1057/9781137275844_3

Mazzoleni, G., & Schulz, W. (1999). “Mediatization†of Politics: A Challenge for Democracy? Political Communication, 16(3), 247–261. https://doi.org/10.1080/105846099198613

Moffitt, B. (n.d.). The Performative Turn in the Comparative Study of Populism. In 2016. Retrieved May 22, 2025, from https://www.academia.edu/31980439/The_Performative_Turn_in_the_Comparative_Study_of_Populism

Mohamad Permana, R. S., & Alam, P. W. (2022). Ekonomi Politik Media Dalam Perspektif Komunikasi Dan Sosial-Budaya. Jurnal Kajian Budaya Dan Humaniora, 4(2), 238–243. https://doi.org/10.61296/jkbh.v4i2.19

Samad, M. Y. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Komunikasi Politik: Propaganda Isu Sistem Pemilu Proporsional. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 25(2), 257–270. https://doi.org/10.17933/iptekkom.25.2.2023.257-270

Strmbck, J. (2008). Four phases of mediatization: An analysis of the mediatization of politics. International Journal of Press/Politics, 13(3), 228–246. https://doi.org/10.1177/1940161208319097

Strömbäck, J., & Esser, F. (2014). Mediatization of Politics: Towards a Theoretical Framework. Mediatization of Politics, 3–28. https://doi.org/10.1057/9781137275844_1

Strömbäck, J., Politics, F. E.-M. S. of M., & 2017, undefined. (2014). Introduction: Making sense of the mediatization of politics. Api.Taylorfrancis.Com, 15(3), 243–255. https://doi.org/10.1080/1461670X.2014.897412

Subiakto, H. (2015). Komunikasi politik, media, dan demokrasi. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i1.2720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License