Pengaruh Administrasi Perpajakan Modern, Pelayanan, dan Sanksi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Medan Polonia

Shabrina Mauludiah(1), Indah Cahya Sagala(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area

Abstract


Taxes are the main source of state revenue, contributing over 70% to the national budget, making individual taxpayer (WPOP) compliance crucial for national development. This study analyzes the influence of modern tax administration systems, service quality, and tax sanctions on WPOP compliance at KPP Madya Medan. Using a quantitative approach with data from 2018–2022, the results show that all three variables positively affect tax compliance. Digital systems simplify reporting, good service enhances comfort, and strict sanctions promote discipline. The findings highlight the need for an integrated approach combining technology, service improvement, and fair law enforcement. Practical implications include the importance of digital education, better service delivery, and consistent sanction implementation to sustainably improve tax compliance.


Keywords


Tax Compliance; Tax Administration System; Sanctions; Individual Taxpayers; KPP Madya Medan

Full Text:

PDF

References


Antari, N., & Supadmi, N. L. (2019). Pengaruh penerapan sistem administrasi perpajakan modern, kualitas pelayanan dan kesadaran wajib pajak pada kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 221.

Evi Malia, dkk. (2023). Pajak Kita: Problematika Terkini. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=4Ui5EAAAQBAJ

Falah, N. F., Juri, M., & Akbar, K. (2022). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ulu. Jurnal Activa, 1(1), 10–25.

Fitrianti, R. N., Ustman, U., & Marsum, M. (2024a). Pengaruh Digitalisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak Umkm Dengan Gen-Z Sebagai Variabel ModerasI. Kabillah: Journal of Social Community, 9(1), 94–103.

Fitrianti, R. N., Ustman, U., & Marsum, M. (2024b). Pengaruh Digitalisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak Umkm Dengan Gen-Z Sebagai Variabel Moderasi. Kabillah: Journal of Social Community, 9(1), 94–103.

Gaol, R. L., & Sarumaha, F. H. (2022a). Pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayanan fiskus, penyuluhan wajib pajak, pemeriksaan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 134–140.

Gaol, R. L., & Sarumaha, F. H. (2022b). Pengaruh kesadaran wajib pajak, pelayanan fiskus, penyuluhan wajib pajak, pemeriksaan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 134–140.

Hertati, L. (2021). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Perpajakan Dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 7(2), 59–70.

Khoeriyah, N., & Mildawati, T. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(11).

Kurniawan, I. (2018). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Magelang). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(3), 1–11.

Muhammad, F. H., & Mildawati, T. (2020a). Pengaruh penerapan e-filing dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(1).

Muhammad, F. H., & Mildawati, T. (2020b). Pengaruh penerapan e-filing dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(1).

Nababan, P., & Dwimulyani, S. (2019). Pengaruh sosialisasi pajak, pelayanan fiskus dan sanksi pajak terhadap kinerja Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan kepatuhan wajib pajak sebagai variabel intervening. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 2–47.

Ndalu, M. S. A., & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan, Insentif Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Selama Masa Pandemi (Studi pada Wajib Pajak terdaftar di KPP Pratama Jepara). Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 193–204.

Noviyanti, L., & Febrianti, M. (2021a). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Pemahaman Internet, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Media Bisnis, 13(2), 231–238.

Noviyanti, L., & Febrianti, M. (2021b). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Pemahaman Internet, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Media Bisnis, 13(2), 231–238.

Octovido, I., Sudjana, N., & Azizah, D. F. (2014). Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Batu (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu Tahun 2009-2013). Brawijaya University.

Pradhitya, I. S., & Kurnia, K. (2022). Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Sosialisasi Perpajakan, Pemeriksaan Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan yang terdaftar di KPP Pratama Serang Barat Tahun 2020). EProceedings of Management, 9(5).

Primastiwi, R., & Ratih, R. (2021a). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Religiusitas, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Media Akuntansi Perpajakan, 6(2), 46–54.

Primastiwi, R., & Ratih, R. (2021b). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Religiusitas, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Media Akuntansi Perpajakan, 6(2), 46–54.

Ratnasari, D. (2020). Pengaruh penerapan sistem administrasi perpajakan modern, kualitas pelayanan fiskus, kesadaran wajib pajak, tingkat penghasilan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan WPOP UMKM. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(3), 11–21.

Rinaldy, S. (2021). Dampak Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Makassar. Insan Cita Bongaya Research Journal, 1(1), 95–103.

Sari, A. R., & Rejeki, D. (2021). Pengaruh Efektivitas Modernisasi. Sistem. Administrasi Perpajakan, Tingkat Pemahaman Peraturan Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ekonomi Dan Industri E-ISSN, 2656, 3169.

Sena Wahyu Purwanza, et. al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. Cv. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=0CjKEAAAQBAJ

Septriliani, L., & Ismatullah, I. (2021). Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 6(1), 92–102.

Sukma, F. I., & Larasati, A. Y. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Kota Cimahi). Riset Akuntansi Dan Perbankan, 15(2), 517–535.

Sulistyari, P. I., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022a). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Konsultasi Account Representative, Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Badung Selatan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(2), 289–300.

Sulistyari, P. I., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022b). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Konsultasi Account Representative, Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Badung Selatan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(2), 289–300.

Susanti, Y., & Suhono, S. (2020a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Karawang Utara. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9(11), 1083–1102.

Susanti, Y., & Suhono, S. (2020b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Karawang Utara. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9(11), 1083–1102.

Toniarta, I. N., & Merkusiwati, N. K. L. A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah, Tarif Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4955–4967.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i1.2737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License