Konsep Diri terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik di Sekolah Menengah

Muhammad Raihan(1), Laili Alfita(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri pada peserta didik di jenjang sekolah menengah melalui metode narrative literature review. Kajian dilakukan dengan menelaah berbagai hasil penelitian empiris dan teori yang relevan untuk mengidentifikasi bagaimana konsep diri sebagai faktor internal membentuk dan meningkatkan kepercayaan diri, serta melihat implikasinya terhadap perkembangan akademik dan sosial remaja. Hasil tinjauan menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konsep diri yang kuat dan kepercayaan diri yang lebih tinggi pada siswa sekolah menengah, meskipun kekuatan hubungan ini bervariasi dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, dan faktor lingkungan. Faktor internal seperti harga diri, kepribadian, dan kemampuan akademik, serta faktor eksternal seperti dukungan keluarga, teman sebaya, guru, lingkungan sekolah, dan media sosial saling berinteraksi membentuk konsep diri dan kepercayaan diri. Simpulan penelitian ini menegaskan pentingnya peran pendidik, konselor, dan orang tua dalam merancang intervensi yang mendukung penguatan konsep diri guna meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan akademik dan sosial di masa remaja.


Keywords


konsep diri, kepercayaan diri, peserta didik sekolah menengah, intervensi pendidikan, perkembangan remaja.



DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i2.2799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License