Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Fovere Bandara Semarang
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
Abstract
Setelah masa pandemi COVID-19, tingkat hunian hotel di Indonesia mulai mengalami peningkatan, memberikan peluang optimis bagi para pelaku industri perhotelan. Penelitian ini dilakukan pada 153 pengunjung Hotel Fovere Bandara Semarang dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan regresi linear ganda melalui perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga memiliki pengaruh paling signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dibandingkan dengan kualitas produk dan pelayanan yang juga memberikan kontribusi positif, namun dengan pengaruh yang lebih rendah. Temuan ini menegaskan bahwa strategi penentuan harga yang kompetitif menjadi kunci utama dalam meningkatkan tingkat kepuasan konsumen di hotel tersebut. Selain itu, kualitas produk dan layanan tetap menjadi aspek penting yang harus diperhatikan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen hotel untuk lebih memprioritaskan pengelolaan harga sekaligus menjaga kualitas produk dan pelayanan demi meningkatkan kepuasan dan daya saing di industri perhotelan yang semakin kompetitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andalusi, R. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan instrumen penunjang laboratorium (Studi kasus pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 305–322.
Arif, A. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan produk terhadap kepuasan pelanggan Hotel XYZ. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 55–67.
Basith, A., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2014). Kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan Brilink (Survei pada pelanggan De’Pans Pancake and Waffle di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(1), 1–8.
Dabholkar, P. A., Shepherd, C. D., & Thorpe, D. I. (2000). A comprehensive framework for service quality: An investigation of critical conceptual and measurement issues through a longitudinal study. Journal of Retailing, 76(2), 139–173. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(00)00029-4
Desembrianita, A., & Ruslin. (2016). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan hotel di Kota Kendari. Jurnal Ilmu Ekonomi, 9(2), 112–122.
Goetsch, D. L., & Davis, S. (2014). Quality management for organizational excellence: Introduction to total quality (7th ed.). Pearson.
Halimah, M. A., & Yanti, R. D. (2020). Pengaruh strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan produk kilat khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global, 5(1), 70–79. https://doi.org/10.35908/jeg.v5i1.916
Hasan, A. (2009). Marketing. Media Pressindo.
Indriantoro, N., & Ghozali, I. (2016). Metodologi penelitian bisnis (2nd ed.). BPFE.
Jaya, I. S. (2014). Pengaruh kualitas produk Frutang terhadap kepuasan konsumen pada PT Tang Mas Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi (JIMAFE), 2, 16–22.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Dasar-dasar pemasaran (9th ed.). Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa (3rd ed.). Salemba Empat.
Nasution, M. N. (2015). Manajemen mutu terpadu (3rd ed.). Ghalia Indonesia.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Pratiwi, D., Sari, A., & Lestari, R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan hotel di Yogyakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 88–97.
Ramli, R. (2013). Analisis penetapan harga dalam perspektif pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 45–53.
Riyanto, A., Supriyadi, A., & Purnomo, R. H. (2024). Terhadap kepuasan tamu di Multazam Syariah Hotel. Media Bina Ilmiah, 18(1978), 2913–2924.
Rizky Hadi Purnomo, A. S. (2024). Studi kepuasan tamu hotel: Pengaruh harga, fasilitas dan kualitas pelayanan sebagai prediktor di Hotel Tentrem Semarang. Media Bina Ilmiah, 18(1978), 3003–3012.
Sari, N., & Rachmi, N. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan restoran di Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen, 7(2), 33–42.
Setyo Legowo Wiryono, & Supriyadi, A. (2024). Mempertahankan retensi pelanggan yang dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan pada PT Piranti Berkah Travelindo. Edunomika, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Stanton, W. J. (2004). Prinsip pemasaran. Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.
Supriyadi, A., & Aryaningtyas, A. T. (2022). Influence of organizational citizenship behavior to employee performance with employee competences and job satisfaction as predictors. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 16(2), 160–170. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2022.v16.i02.p07
Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(1), 1–10.
Tjiptono, F. (2010). Pemasaran jasa. Andi.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa (edisi revisi). Andi Offset.
Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(1), 38–45.
Wulandari, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada PT PLN Rayon Kepanjen). Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(1), 11–20. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i1.3
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i1.2822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License




