Pengaruh Karakteristik Individu, Komitmen Organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja Pelatih Keterampilan Menjahit LPK
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
Abstract
Peran pelatih keterampilan memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan kemampuan menjahit peserta pelatihan sebagai persiapan kerja di berbagai pabrik garmen di Kabupaten Semarang. Kinerja pelatih keterampilan dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya karakteristik individu, komitmen organisasi, dan sikap organizational citizenship behavior (OCB). Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sejauh mana ketiga faktor tersebut berpengaruh terhadap kinerja pelatih keterampilan dalam mendukung keberhasilan program pelatihan. Karakteristik individu yang baik, komitmen organisasi yang kuat, serta OCB yang positif diyakini dapat meningkatkan efektivitas pelatihan dan pencapaian tujuan program. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan seluruh populasi, yaitu 88 pelatih keterampilan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil analisis, yang diperoleh melalui uji t dan uji F, menunjukkan bahwa karakteristik individu, komitmen organisasi, dan OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelatih keterampilan, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan aspek personal dan organisasional pada pelatih keterampilan menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan kualitas pelatihan dan kesiapan kerja peserta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariono, I., & Sugiyanto, B. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Atas Informasi Akuntansi Keuangan Serta Keberhasilan dalam Mengelola Perusahan Kecil dan Menengah (Studi Empiris Pada UMKM Industri Makanan di Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 91–104. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.215
Budiman, J. (2018). Pengaruh Daya Beli Masyarakat dan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Pada Bisnis Property. Unistek, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33592/unistek.v5i1.277
Chuangjian, Chen, L. L., Bagas, L., Lu, Y., He, X., Lai, X., Wass, S. Y., HEKINIAN, R., Weaver, B. L., Kar, A., Davidsont, J. O. N., Colucci, M., Welsch, B., Hammer, J., Baronnet, A., Jacob, S., HELLEBRAND, E., Sinton, J. M., White, W. M., … de Oliveira Chaves, A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga,Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 133–138.
Hanifah, H., & Putra, Y. Y. (2023). Pengalaman Berfikir Pada Entrepreneur “Barat Daya Group.” Jurnal …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/14249
Henry Yuliamir, & Enik Rahayu. (2021). STRATEGI PEMASARAN, KEPUASAN KONSUMEN DAN KINERJA BISNIS DI KARTIKA JAYA KABUPATEN KENDAL, JAWA TENGAH (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Pemasaran dan Rencana Pengembangan Di kartika Jaya Kabupaten Kendal, Jawa Tengah). Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 1(1), 48–62. https://doi.org/10.56910/wrd.v1i1.144
Mangkunegara, A. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukaromatul Hisnidah, & Nihayatu Aslamatis Solekah. (2023). Analisis Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja, Fasilitas Kerja, Work Life Balance dan Flexible Work Space Terhadap Kinerja Karyawan Bank Muamalat Indonesia KC Malang. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 303–315. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).12972
Naz, S., Li, C., Zaman, U., & Rafiq, M. (2020). Linking proactive personality and entrepreneurial intentions: A serial mediation model involving broader and specific self-efficacy. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–21. https://doi.org/10.3390/joitmc6040166
Prawirosentono. (2011). Manajemen Operasi (3rd ed.). Manajemen Operasi.
Rizal, M., & Handayani, F. (2021). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Sahabat Prima Sukses. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(1), 55–66. https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.150
Ryan, Cooper, & Tauer. (2021). Metode Pemberdayaan Masyarakat. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, January, 12–26.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Supriyadi, A., Arifiyanti, M. P., Ananto, H., & Rahmawati, A. (2024). MEDIATING EFFECTS OF ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS (OCB): THE RELATIONSHIP BETWEEN TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP (TL) AND MOTIVATION ON PERFORMANCE. Tec Empresarial, 16(1), 3317–3340.
Supriyadi, A., Sanusi, A., & Manan, A. (2017). A Study on the performance of manufacturing employees : Organizational culture, compensation, organizational commitment, and organizational citizenship behavior. European Journal of Business and Management, 9(6), 32–43.
Supriyadi, Andhi, & Aryaningtyas, A. T. (2022). Influence Of Organizational Citizenship Behavior To Employee Performance With Employee Competences And Job Satisfaction As Predictors. MATRIK: JURNAL MANAJEMEN, STRATEGI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 16(no 2 agustus). https://doi.org/https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2022.v16.i02.p07
Syamsul Hadi, & Andhi Supriyadi. (2021). Kompetensi dan Motivasi Sebagai Variabel yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan RSUD. Sultan Fatah Demak. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 167–175. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.320
Wiratama, R. A. A., Widyani, A. A. dwi, & Saraswati, N. P. A. S. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi, Stres Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Lumbung Sari Sedana Buduk Kabupaten Badung. Jurnal Emas, 3(9), 190–199. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/4242
Wisata, K. (2021). KEBIJAKAN BANDUNG TRANSIT AREA ( BTA ) UNTUK PENINGKATAN KEBIJAKAN BANDUNG TRANSIT AREA ( BTA ). June 2018. https://doi.org/10.15575/jt.v1i1.2413
Wismawan, M. H., & Luturlean, B. S. (2022). Pengaruh Work-Life Balance Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank X. E-Proceeding of Management, 9(2), 887–892.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v8i1.2825
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License




