Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Lembaga Pendidikan TPA Masjid Ash Shaff Bintaro

Purwanti Purwanti(1), Aris Ariyanto(2), Ivantan Ivantan(3),


(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
(3) Universitas Pamulang

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui Fenomena serta pengaruh variabel bebas yaitu kualitas pelayanan, promosi dan harga terhadap kepuasan orang tua murid di lembaga pendidikan TPA Masjid Ash Shaff. Penelitian bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya seluruh orang tua murid TPA Masjid Ash Shaf dengan sampel 178 responden. Tehnik pengumpulan data dengan cara kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien determinasi, uji t hitung dan uji f hitung. Hasil penelitian menunjukan, terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan, dibuktikan dari nilai regresi linier sederhana yaitu Y=11,489+0,516X1, koefisien determinasi 37,3%, dan nilai t hitung 10,241 > t tabel 1,973 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh promosi terhadap kepuasan, dibuktikan dari nilai regresi linier sederhana yaitu Y=10,908+0,514X2, koefisien determinasi 24,5%, dan nilai t hitung 7,564 > t tabel 1,973 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan, dibuktikan dari nilai regresi linier sederhana yaitu Y=14,827+0,729X3, koefisien determinasi 58,1%, dan nilai t hitung 11,257 > t tabel 1,973 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan harga secara simultan terhadap kepuasan orang tua murid di lembaga pendidikan TPA Masjid Ash Shaff, dibuktikan dari persamaan regresi linier berganda yang didapat Y=2,840+0.213X1+0,236X2+0.474X3, koefisien determinasi 53,9%, dan nilai Fhitung 67,706 > F tabel 3,05 dengan siginifikan 0,000 < 0,05.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Promosi; Harga; Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, A. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada “Cireng Moncrot†Cv Good Food–Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(3).

Ariyanto, A. (2020). The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate. Jurnal Ad'ministrare, 6(2), 217-228.

Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1)

Ariyanto, A., Akbar, M. F., & Khoir, A. (2021, January). The Influence of Service Quality and Product Quality toward Purchase Decision of Honda Motorcycle at AHM Bintaro. In Proceeding The First International Conference on Government Education Management and Tourism (Vol. 1, No. 1, pp. 13-21).

Ghozali, (2012), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Undip.

Guntur, (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun Citra Negara. Jakarta, Sagung Seto.

Handoko, (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Penerbit, BPFE.

Hasan, A., (2009). Marketing. Yogyakarta, Media Pressindo.

Kotler dan Amstrong, (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta, Erlangga.

Kotler dan Amstrong, Bowen, dan Makens, (2014). Marketing for. Hospitality and Tourism: Sixth Edition. London. Pearson Education Limited.

Kotler dan Amstrong Dan Keller, (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Penerjemah Benyamin Molan, Jakarta. Indeks.

Mauludin, (2013). Marketing Reasearch, Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta . Elex Media Komputendo.

Saladin, (2010), Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Lima, Linda Karya, Bandung.

Sistaningrum, (2012). Manajemen Penjualan Produk. Kanisius, Yogyakarta. Stanton, 2009, Prinsip Pemasaran. jilid I. Jakarta. Erlangga.

Sugiyono, (2015). Metodologi Penelitian Manajemen, Bandung. Alfabeta.

Swastha, (2010). Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta. Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa. Yogyakarta. Andi Offset.

Usmara, (2008). Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Jakarta. Amara Books.

Wijoyo, H., Cahyono, Y., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Insan Cendekia Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License