Peran Ibu sebagai Orang Tua Tunggal dalam Mendukung Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19
(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiman, A. (2021). KPAI Temukan Pengasuhan Anak yang Bermasalah Hambat PJJ. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/1436763/kpai-temukan-pengasuhan-anak-yang-bermasalah-hambat-pjj
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152–159. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Chan, Y. Y., & Li, J. Bin. (2020). An early look at parental expectation towards early childhood education among Pakistani parents in Hong Kong: The role of culture and acculturation. Children and Youth Services Review, 119, 105652. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105652
Dispendukcapil Kota Surakarta. (2020). Buku Agregat Kependudukan Semester 1 Tahun 2020. Retrieved from https://dispendukcapil.surakarta.go.id/
Ghani, F. B. A., Roeswardi, S. I. bt, & Aziz, A. bt A. (2014). Parenting Styles and their Relation to Teenagers’ Personality Profile in Single Mother Families: A Case Study. Procedia Social and Behavioral Sciences, 114, 766–770. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.782
Hanim, H. (2018). Peran Perempuan Single Parent Dalam Pemenuhan Fungsi Ekonomi Dalam Keluarga Studi Kasus : Perempuan Single Parent Pekerja di Pijat Refleksi Tosyma Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(60), 7081–7100.
Khairuddin. (2008). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.
Nieuwenhuis, R., & Maldonado, L. C. (2018). The triple bind of single-parent families: Resources, employment and policies to improve wellbeing. Bristol: Policy Press.
Nurdiana, Rachman, M., & Pramono, S. E. (2017). Peran Orang Tua Tunggal (Ibu) dalam Mengembangkan Moralitas Anak di Kelurahan Tlogo Mulyo Kecamatan Pedurungan Semarang. Journal of Educational Social Studies, 6(1), 52–58. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i1.45
Parsons, T. (1951). The Social System. New York: Free Press.
Rahayu, A. (2017). Kehidupan Sosial Ekonomi Single Mother dalam Ranah Domestik dan Publik. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1), 82–99.
Rahayu, W. (2011). Analisis Intensitas Pendidikan oleh Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 72–80.
Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2017). Teori Sosiologi Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul: Kreasi Wacana.
Samsudin, D. (2017). Sosiologi Keluarga: Studi Perubahan Fungsi Keluarga. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sari, N. Y., & Wisroni, W. (2020). The Urgency of Parental Guidance for Youth Education in the Belajar Dari Rumah (BDR) Era. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 309. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109565
Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Wang, S., & Xu, Y. (2020). Transit use for single-parent households: Evidence from Maryland. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 8. https://doi.org/10.1016/j.trip.2020.100223
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License