Pengaruh Mekanisme Bonus dan Multinationality terhadap Keputusan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia
(1) IAIN Lhokseumawe
(2) IAIN Lhokseumawe
(3) IAIN Lhokseumawe
(4) IAIN Lhokseumawe
(5) IAIN Lhokseumawe
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananta, M. C. A. (2018). Analisis Pengaruh Pajak, Multinasionalitas, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Praktik Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016).
Aurinda. (2018). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perusahaan untuk Melakukan Transfer Pricing. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.
Azzura, C. S., & Pratama, A. (2019). Influence of Taxes, Exchange Rate, Profitability, and Tunneling Incentive on Company Decisions of Transferring Pricing. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia, 2(1), 123.
Colgan, P. Mc. (2012). Agency Theory and Corporate Governance: A Review of the Literature From a UK Perspective. Working paper University of Strathclyde at United Kingdom.
Ghozali, I, (2016), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: BP Undip
Hartati, W., & Desmiyati, J. (2015). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal SNA, 18.
Hidayat, W., dan Hendrawan. (2019). Pengaruh pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012
Hidayat, D. W. W., Winarso, W., & Hendrawan, D. Peer Review Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2017.
Horngren, T, Charles, Srikant M, Datar, dan George Foster. (2008). Akuntansi Biaya: Dengan Penekanan Manajerial.. Jakarta: Erlangga.
Indriaswari, A. (2017). The influence of tax, tunneling incentive, and bonus mechanisms on transfer pricing decision in manufacturing companies. The Indonesian Accounting Review, 7 (1), 69 – 78.
Khotimah, S. K. (2019). Pengaruh beban pajak, tunneling incentive, dan ukuran perusahaan terhadap keputusan perusahaan dalam melakukan transfer pricing (Studi empiris pada perusahaan multinasional yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(12), 125-138.
Lo, W. Y. A., M. K. W. Raymond, dan F. Micheal. (2010). Tax, Financial Reporting, and Tunneling Incentives for Income Shifting: An Empirical Analysis of the Transfer Pricing Behavior of ChineseListed Companies. Journal of the American Taxation Association, 32(2): 1-26.
Lumbantoruan, S. (2000) Akuntansi Pajak, Edisi Revisi, Jakarta. Grasindo
Mangoting, Y. (2004). Aspek Perpajakan dalam Praktek Transfer pricing. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 2 (1): 69-82.
Melda, S., Nadilla, T., Ramadhan, R., Iskandar, I., Ridha, A., & Puspita, D. (2020, February). Pengaruh Earning Power dan Perubahan Tarif Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan yang telah Go Public di Bursa Efek Indonesia. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1, pp. 646-648).
Melmusi, Z. (2016). Pengaruh pajak, mekanisme bonus, kepemilikan asing dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing pada perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal Ekobistek, 5(2).
Mutamimah, M. (2009). Tunneling Atau Value Added Dalam Strategi Merger Dan Akuisisi Di Indonesia. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 2(2).
Nazihah, A., & Fuadah, L. L. (2019). The effect of tax, tunneling incentive, bonus mechanisms, and firm size on transfer pricing (Indonesian evidence).
Nadilla, T., Ulfah, A. K., Hayati, H., Midesia, S., & Puspita, D. (2019, November). The Effect Of Leverage And Earning Per Share On Earning Management (A Study Of Companies Listed In Indonesia Stock Exchange). In ICASI 2019: Proceedings of The 2nd International Conference On Advance And Scientific Innovation, ICASI 2019, 18 July, Banda Aceh, Indonesia (p. 164). European Alliance for Innovation.
Nurlinda, N., Napitupulu, I., Wardayani, W., Azlina, A., Andina, A., Ulfah, A., & Supriyanto, S. (2020). Can E-Commerce Adoption Improve SME’s Performance?(Case Studies on Micro, Small and Medium Enterprises with Gojek Services in Indonesia).
Novriansa. A. (2019). Sektor Pertambangan Rawan Manipulasi Transfer Pricing?. DDTCNews. 14 Oktober 2019. Dikutip 5 Desember 2019.
Nugraha, A. K. (2016). Analisis Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).
Rahmawati, E. Y. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Perusahaan Sektor Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2016) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo).
Razali, R. (2020). Perilaku Konsumen: Hedonisme dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 4(1), 115-124.
Refgia, T., Ratnawati, V., & Rusli, R. (2017). Pengaruh pajak, mekanisme bonus, ukuran perusahaan, kepemilikan asing, dan tunneling incentive terhadap transfer pricing (perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang listing di bei tahun 2011-2014) (Doctoral dissertation, Riau University).
Rego, S. O. (2003). Taxâ€avoidance activities of US multinational corporations. Contemporary Accounting Research, 20(4), 805-833.
Rezky, F. (2018). Pengaruh Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Multinationality Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur yg Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 3 (3), 401-415.
Refgia, T., Ratnawati, V., & Rusli, R. (2017). Pengaruh pajak, mekanisme bonus, ukuran perusahaan, kepemilikan asing, dan tunneling incentive terhadap transfer pricing (perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang listing di bei tahun 2011-2014) (Doctoral dissertation, Riau University).
Saifudin, S., & Putri, S. (2018). Determinasi Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive terhadap Keputusan Transfer Pricing pada Emiten BEI. Agregat: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 32-43.
Santosa, S. J. D., & Suzan, L. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekansme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). Kajian Akuntansi, 19(1), 72-80.
Saraswati, G. A. R. S., & Sujana, I. K. (2017). Pengaruh pajak, mekanisme bonus, dan tunneling incentive pada indikasi melakukan transfer pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(2), 1000-1029.
Setiawan, H. (2014). Transfer pricing dan risikonya terhadap penerimaan negara. Diakses dari http://kemekeu. go. id.
Sinadia. H. (2018). Soal Transfer Pricing Batubara, APBI: Nampaknya Pengusaha Harus Berpikir Berkali-kali. Kontan.co.id, 28 Juli 2018. Dikutip 5 Desember 2019.
Suandy, E. (2011). Perencanaan Pajak, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D , Edisi ke-15. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Ulfah, A.K, et al. (2020), Accounting Equations in Business Transactions. Psychology and Education Journal 57.8 (2020): 456-460.
Wijaya, B., & Kusuma, H. (2017). Drivers of the Intensity of Transfer Pricing: An Indonesian Evidence. مؤتمرات كلية التجارة.‎
Ulfah, A.K, et al. (2020), Accounting Equations in Business Transactions. Psychology and Education Journal 57.8 (2020): 456-460.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License