Efektivitas Permainan Puzzle dan Balok terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD Mbah Ceria Medan Pada Masa Pandemi Covid-19
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, O., Wadin, W., & Suratman, A. (2014). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Bermain Balok Dengan Model Cooperative Learning Di PAUD Assalaam Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).
Dewi dkk, (2016), Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Pada Anak. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 4. No. 1
Dewi, N. L. T. K., Asri, I. G. A. S., & Made Putra, M. P. (2016). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1).
Fadlillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media
Fadlillah, M. (2017). Bermain dan permainan anak usia dini. Jakarta. Kencana
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Diva Press Anggota IKAPI. Yogyakarta
Ismail, Andang. (2011). Education Games. Pro U Media. Jogjakarta
Kurnia, S., (2015) Penerapan Contextual Teaching And Learning Di Taman Anak Sanggar Anak Alam (Ta Salam) Yogyakarta
Marwiyah, M., Yusria, Y., & Taridi, M. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif Balok Warna di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Melati Kuala Tungkal (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nawafilaty, T. (2013). Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Perilaku Sosial Anak Kelompok B Di TK Harvard Pre School Kebomas Gresik. PAUD Teratai, 2(2).
Nur Intan, (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Permainan Kotak Sortasi Di Kelompok B Tk Yaa Bunayya Hidayatullah. Thesis
Nurmalitasari, Femmi. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi
Rachmawati, Ali Nugraha. (2013). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Universitas Terbuka. Tangerang.
Risaldy, Sabil, Meity H. (2014). Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini. PT. Luxima Metro Media. Jakarta
Sitorus, Masganti, (2011). Metodologi penelitian pendidikan islam. IAIN Press. Medan
Soetjiningsih.IG, N, Gde Ranuh. (2016). Tumbuh Kembang Anak. EGC. Jakarta.
Sudono, Anggani. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. PT Grasindo. Jakarta
Sugiono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung
Sujiono YN. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indek. Jakarta;
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana
Suyadi dan Maulidya Ulfal. (2015). Konsep Dasar PAUD, PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Tatik Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. PG PAUD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, NO 1, Maret 2016
Zamiah, N. (2013). Pemanfaatan Media Permainan Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A Di PPT Kuncup Harapan Semolowaru Surabaya. PAUD Teratai, 2(3).
Zeptyani, Putu Ayu Ditha (2020) Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Di Paud Gugus Ii Flamboyan Penebel Tahun Ajaran 2019/2020. Under graduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha
Perundang-undagan :
Permendikbud No. 137 Tahun 2014
Permendikbud 146 tahun 2014
Petunjuk teknis penyelenggaraan POS PAUD. 2011. Direktorat pembinaan pendidikan anak usi dini, kementerian pendidikan nasional
PP No 17 tahun 2010, tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
Undang-undang No 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License