Hubungan Dukungan Orang Tua Dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggi. (2017). Hubungan antara Dukungan Orang tua dengan Motivasi Belajar siswa SMP Swasta Al Maksum Desa Cinta Rakyat. Medan, Skripsi. Universitas Medan Area
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a Unifying of Behavioral Change. Psychological Review. 84 (2): 191-215.
Bandura. (1997). Social Learning Theory. Prentice Hall.
Damyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Desi, Marni. (2019). Dukungan Orang Tua terhadap Belajar siswa kelas Unggul. Jambi. Jurnal: Gentala Pendidikan Dasar. 4(1).doi:https://doi.org/10.22437/gentala.v4i.68
Devi. (2016). Hubungan antara Dukungan efikasi diri dan Dukungan Orang tua dengan Motivasi belajar pada siswa SMA. Surakarta. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Djamarah. (2000). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gita,A. (2012). Pengaruh pendekatan STEAM terhadap Self efficacy dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi Fisika di SMAN 1 Padang cermin. Tesis. UIN Raden Intan Lampung.
Gunarsa, S. D. (2004). Bunga Rampai Psikologi Perkembangan: Dari Anak Sampai Lanjut Usia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hartini, I., Suandi, S., & Muchlis, F. (2020). Hubungan Persepsi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Terhadap Perilaku Kekerasan Oleh Orang Tua Di Kota Jambi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 394-400. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.315
Kartono, K. (2007). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Mahadi, T. S. T. & Jafari, M. S. (2012). Motivation, Its Types, and Its Impacts in Language Learning. Internasional Journal of Business and Social Science. 24 (3): 1-6.
Mariyah, Y., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual : Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959-967. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778
Masfiah, S., & Putri, R. V. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa yang Kecanduan Game Online. (Studi kasus). Vol 1(7), 1-8
Neng, R. (2010). Hubungan Antara Motivasi belajar dan Efikasi diri dengan Model mental peserta didik dalam pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan metode simayang. Tesis. Universitas Lampung.
Oemar, H. (2008). Motivasi Kurikulum dan Pembelajan. Jakarta: Bumi Aksara.
Pahu, S., Darmana, A., & Rahayu, U. (2021). Pengaruh Strategi Contextual Teaching And Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 223-228. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.626
Purwanti, P., Ariyanto, A., & Ivantan, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid Di Lembaga Pendidikan TPA Masjid Ash Shaff Bintaro. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 535-545. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.744
Rahmadiana, M. (2012). Hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan konsep belajar konstruktif oleh guru dengan motivasi belajar siswa. PSIBERNETIKA. Vol 4(1): 59-68.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A.M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siregar, N.S.S. (2013). Persepsi Orangtua terhadap pentingnya pendidikan bagi anak. Jurnal Ilmu Pemerintah dan Sosial Politik UMA (journal governance and political social UMA). Universitas Medan Area. Vol 1(1): 11-27.doi:https://doi.org/10.31289/jppuma.v1i1.548
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga, JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7 (2) (2015): 162-165.
Suryani, L., Seto, S., & Bantas, M. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609
Syah, M. (2017) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tung, K. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.
Uno, H.B., (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License