Implementasi pendekatan pendidikan matematika realistik ditinjau dari pemahaman konsep, aktivitas, dan respons siswa
(1) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
(2) Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan
(3) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M. (2018). Aktivitas aktif siswa dalam pembelajaran matematika realistik, Jurnal Education and Development, 2(5), 45-51. DOI: 10.37081/ed.v2i5.261
Ahmad, M. Siregar, Y. P. Siregar, N. A. & Effendi, H. (2018). Realistic math-based learning model based on mandailing culture. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 39(1), 67-78.
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, III(2), 83–95. DOI: 10.31629/jg.v3i2.471
Batubara, I. H. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dan geogebra di SMA Freemethodist Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 47-54. DOI: 10.30743/mes.v3i1.219
Depdiknas. (2014). Permendikbud nomor 59 tahun 2014 kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Do, T-T., Hoang, K. C., Do, T., Trinh, T. P. T., Nguyen, D. N., Tran, T., Le, T. T. B. T., Nguyen, T. C., & Nguyen, T-T. (2021). Factors influencing teachers’ intentions to use realistic mathematics education in Vietnam: An extension of the theory of planned behavior. Journal on Mathematics Education, 12(2), 331-348. DOI: 10.22342/jme.12.2.14094.331-348
Farlina, E., Susilawati, I., Juariah, & Kariadinata, R. (2018). Confidence, flexibility and student’s appreciation in solving mathematic problems through resource-based learning. Proceedings of the International Conference on Islamic Education (ICIE 2018), ASSEHR, 261, 84-88. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/14269/
Fatimah, A. E. (2020). Penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Journal of Didactic Mathematics, 1(2), 78-84. DOI: 10.34007/jdm.v1i2.256
Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: CD-β Press.
Hadi, S. (2016). Pendidikan matematika realistik teori, pengembangan dan implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Hayati, N. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Bhayangkari Medan. Journal of Didactic Mathematics, 1(1), 1-7. DOI: 10.34007/jdm.v1i1.145
Ingram, N., & Meaney, T. (2021). “My parents are pretty pleased with my mathsâ€: students’ navigation of identity stories about mathematics. Research in Mathematics Education, 23(2), 1-18. DOI: 10.1080/14794802.2021.1938190
Jeheman, A. A. Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202. DOI: 10.31980/mosharafa.v8i2.454
Kesumawati, N. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa smp melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1-19. DOI: 10.22342/jpm.8.2.1911.57-75
Larsen, S. (2018). Didactical phenomenology: The engine that drives realistic mathematics education. For the Learning of Mathematics, 38(3), 25-29.
McMullen, J., Verschaffel, L., & Hannula-Sormunen, M.M. (2020). Spontaneous mathematical focusing tendencies in mathematical development. Mathematical Thinking and Learning, 22(4), 249-257, DOI: 10.1080/10986065.2020.1818466
Nasution, D.P. & Ahmad, M. (2018). Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400. DOI: 10.31980/mosharafa.v7i3.133
OECD. (2019). Indonesia – country note – PISA 2018 results. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Partini, H. S. (2008). Respon siswa dalam pembelajaran matematika realistik pada topik fungsi di kelas II SMPK Santa Agnes Surabaya. Jurnal Kependidikan, 38(2), 113-132. DOI: 10.21831/jk.v38i2.20726
Sari, A. P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia terhadap pemahaman konsep siswa pada materi untung dan persentase untung. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1-19. DOI: 10.22342/jpm.8.2.1862.1-19
Sari, P. (2017) Pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut melalui pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41-50. DOI: 10.31629/jg.v2i1.60
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran matematika dalam persfektif konstruktivisme. Nizhamiyah Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61-73. DOI: 10.30821/niz.v7i2.188
Siregar, E. Y., & Ahmad, M. (2018). Respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik dalam membelajarkan kemampuan berpikir logis matematika. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 12 Oktober 2018, Universitas Negeri Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/35537/
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, E. (2013). Peningkatan kemampuan spasial siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 32(3), 353-364. DOI: 10.21831/cp.v3i3.1624
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i3.1006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center