Pengembangan bahan ajar matematika berbasis discovery learning pada materi perbandingan SMP
(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
(3) Pendidikan Matematika
(4) Universitas Islam Riau
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, T., Kartini, K., & Siregar, S. N. (2021). Pengembangan engembangan bahan ajar materi lingkaran berbasis pendekatan realistic mathematics education untuk siswa SMP/MTS. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(4), 373–385.
Angraini, L. M. (2018). Pengaruh concept attainment model terhadap disposisi berpikir kritis matematis mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 284–295.
Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Union: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 263–272.
Arimurti, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Desain Modul berbasis model discovery learning untuk kemampuan pemahaman matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 459–470.
Efendi, D. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika dengan model discovery learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Eksponen, 9(1), 42–54.
Fitriyah, D. N., Santoso, H., & Suryadinata, N. (2018). Bahan ajar transformasi geometri berbasis discovery learning melalui pendekatan etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145–158.
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 40–55.
Herlina, S. (2019). Desain Modul pengantar dasar matematika untuk mahasiswa pendidikan matematika. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 107–115.
Meidy, R. D., Patmanthara, S., & Arifin, M. Z. (2018). Pengembangan bahan ajar cetak dengan model discovery learning untuk mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 3(2), 126–133.
Nafiah, N., & Hartatik, S. (2020). Penerapan manajemen pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan aplikasi google classroom untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat perangkat pembelajaran. Education and Human Development Journal, 5(1), 9–23.
Nasution. (2015). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Bumi Aksara.
Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). Penerapan model dicovery learning pada pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 57–64.
Pratiwi, N., & Yulkifli, Y. (2019). Peningkatan kompetensi keterampilan peserta didik berbantuan LKPD berbasis model discovery learning pada materi fluida. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 130–139.
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui discovery learning berbasis scientific approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Putri, E. Y., & Suripah, S. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMPN 02 Meral. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 43–54. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.p%25p
Putri, V. W., & Suripah, S. (2021). Eksplorasi hasil penelitian yang terintegrasi teknologi informasi dan komputer (TIK) dalam pembelajaran matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 208–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11762
Qhadafi, M. R. (2018). Analisis kesalahan penulisan ejaan yang disempurnakan dalam teks negosiasi siswa SMA Negeri 3 Palu. Bahasa Dan Sastra, 3(4).
Rezeki, S., Andrian, D., & Safitri, Y. (2021). Mathematics and cultures: A new concept in maintaining cultures through the development of learning devices. International Journal of Instruction, 14(3), 375–392.
Sahrul, S., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 626–636.
Sitompul, S. (2020). Peningkatan Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui penggunaan LKPD berbasis model discovery learning. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(3), 207–216.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatid dan R&D. Alfabeta.
Suripah, S. (2015). Komparasi Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) dan tipe think-pair-share (TPS) pada siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 125–132. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.36233
Suripah, S., & Susanti, W. D. (2022). Alternative learning during a pandemic: Use of the website as a mathematics learning media for student motivation. Infinity Journal, 11(1), 17–32.
Yolanda, F., & Sthephani, A. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa pendidikan matematika uir pada penyelesaian analisis kompleks. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 32–42. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4393
Yudha, F. (2019). Peran pendidikan matematika dalam meningkatkan sumber daya manusia guna membangun masyarakat islam modern. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 87–94.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v3i2.1296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center