PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SITUATION-BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA
(1) Universitas Bina Bangsa Banten, Jl. Raya Serang – Jakarta, KM. 03 No. 1B, Banten, Indonesia, 42124
(2) Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Insan Madani Airmolek, Jl. Jenderal Sudirman Tanah Tinggi Airmolek I, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau, Indonesia, 29352
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Sari, D. P., Nurochmah., Haryadi., & Syaiturjim. (2016). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis melalui pendekatan pembelajaran student teams achivement division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 16-22.
Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui discovery learning berbantuan asesmen hands on activities. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 8-13. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2463
Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar. (2019). Pengaruh model pembelajaran situation based learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. JNPM (Junal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95-108. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748
Larawati, I., Isrok’atun., & Gusrayani, D. (2016), Penerapan model pada materi sifat dan jaring-jaring bangun ruang sederhana di kelas IV SDN Paseh 1 Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 71-80. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2933
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II, JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 57-71. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031
Sowanto. (2019). Meningkatkan kemampuan self-efficacy siswa smp melalui situation based learning berbantuan program geometer’s sketchpad (GSP). SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23-33. https://doi.org/10.33627/sm.v3i1.172
Suryabrata, S. (2004). Metodologi penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A, (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 68-77. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78
Ratnasari, S. A. (2019). Situation-based-learning (SBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 21-31.
Rahmah, N. (2013). Belajar bermakna Ausubel. Al-khwarizmi: Junal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43-48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54
Isrok’atun., & Tiurlina. (2014). Situation-based-learning (SBL) untuk meningkatkan kemampuan creative problem solving matematis siswa SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 209-216. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.885
Aqilah, B., Isrok’atun., & Jayadinata, A. K. (2017). Situation-based learning dalam upaya meningkatkan kemampuan creative problem solving matematis siswa pada materi bilangan bulat. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1001-1010. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11248
Ardagh, M., & Borges, K. (2016). Situaton-based learning in elementary school: Enhancement of students’ mathematical creative problem solving ability. International Journal of Science Arts and Commerce, 1(6), 60-70.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v1i1.159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center