Belajar dan berkuliner materi aritmetika sosial melalui kegiatan jual beli jajanan tradisional dumbeg
(1) Universiitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229
(2) Universiitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229
(3) Universiitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50229
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Alwathoni, M., Saputro, S., Yamtinah, S., & Masykuri, M. The chemical literacy understanding of chemistry teachers at islamic senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 4(1), 32-43. https://dx.doi.org/10.20961/ijsascs.v4i1.49456
Ardiansyah, A. S., Ferianto, A. N., & Dinasari, A. (2021). Readability test for basic mathematics textbook integrated challenge based on blended learning to develop skills in the industrial revolution era. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(1), 12-19. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i1.44322
Ardiansyah, A. S., Sari, S. N., & Hamidah, F. S. (2021). Uji kelayakan buku ajar matematika dasar terintegrasi challenge based on blanded learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 89-100. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3481
Ausubel, D. (1963). The psychology of meaningful verbal learning. New York: Grune & Stratton.
Cockcroft, W. H. (1982). Mathematics counts. London: HM Stationery Office.
Dalimunthe, R. R., Sasongko, D. F., & Rofiki, I. (2022). Etnomatematika pada kue tradisional asahan sebagai sumber belajar matematika. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 17-26. https://doi.org/10.18860/gjppm.v1i1.1072
D’Ambrosio, U. (2016). An overview of the history of ethnomathematics. In: Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program. ICME-13 Topical Surveys. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_2
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562-569.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85-99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p85-99
Istiqomah, A., Aristiyo, D. N., & Amalia, S. R. (2021). Pengembangan e-modul bermuatan etnomatematika untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 651-662.
Kemendikbud. (2018). Penyegaran Infrastruktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Khairunnisa, L., Ardiansyah, A. S., & Sutarto, H. (2023). Pengembangan e-comic matematika bermuatan etnomatematika kabupaten klaten pada materi aritmetika sosial. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 499-508.
Lakapu, M., Fernandez, A. J., Djong, K. D., Fernandez, M., & Gawa, M. G. M. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Figma Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-55.
Muhammad, A. F. N., & Novitasari, N. I. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman matematik siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 80-93. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3877
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurfitriyana, N. (2021). Analisis faktor penyebab hasil belajar matematika rendah pada siswa kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Sungguminasa. (Undergraduated Thesis). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Pramesti, S. L. D. & Rasmanto. (2021). Studi etnomatematika: Matematika dalam aktivitas masyarakat pesisir. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 2(1), 41-46.
Rahadhian, L. N. R., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan modul pembelajaran flipbook pada materi aritmetika sosial berbasis etnomatematika pasar terapung. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55-64. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12939
Rahmata, A., & Ekawati, R. (2021). Pengembangan e-comic matematika berbasis pendidikan matematika realistik (PMR) bermuatan etnomatematika materi aritmetika sosial. MATHEdunesa, 10(1), 32-44. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p32-44
Rahmawati, F. D., & Marsigit, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(6), 69-76. https://doi.org/10.21831/jpm.v6i6.7842
Rizal, A. F., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-modul berbasis etnomatematika untuk menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa. Koordinat : Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains, 2(2), 1-14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika museum kereta kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36210
Suprana, E., & Farida, N. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika pada materi geometri transformasi. Limacon: Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-7.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: Source book. Bloomington: Indiana University
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 113-118.
Wiska, A., Tanjung, H. S., Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis masalah terintegrasi etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 9-20. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.49
Wulandari, S. (2020). Analisis etnomatematika pada makanan khas jambi untuk instrumen pembelajaran aritmatika sosial (Doctoral Dissertation). Muaro Jambi: Universitas Jambi
Yanti, Y., Firdaus, M., & Nurmaningsih, N. (2022). Efektivitas media pembelajaran booklet bermuatan etnomatematika tradisi robo-robo pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 144-151. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.192
Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018). Menggali etnomatematika: Matematika sebagai produk budaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 471-476.
Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3 (1), 151–157.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v4i1.1730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center