Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi berorientasi pada kemampuan spasial matematika siswa SMP
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2017). Kecerdasan visual-spasial, kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
Agustianti, R., Nuryami, N., Fajriah, N. A., … & Sari, M. E. (2022). Filsafat pendidikan matematika. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media pembelajaran video animasi dua dimensi situs perkauman di Bondowoso dengan model ADDIE Mata pelajaran sejarah kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19-23. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Apriansyah, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di program studi pendidikan teknik bangunan fakultas teknik universitas negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Telknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8-18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Azustiani, H. (2017). Kemampuan siswa SMP kelas VIII ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), 1(1), 293–298. Retrieved from https://conferences.uin.malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/92/40
Branch, R.M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Boston, MA: Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Cahyono, H. (2019). Geometri analitik bidang. Malang: UMM Press.
Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan sofware powtoon terhadap kemampuan berfikir kritis pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 1-13. https://doi.org/1053299/jagomipa.v2i1.136
Faizah, S. (2016). Kemampuan spasial siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri ruang berdasarkan kecerdasan spasial dan kecerdasan logika. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 62–72. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v1i1.18
Faradhila, N., Sujadi, I., & Kuswardi, Y. (2013). Eksperimentasi model pembelajaran missouri mathematics project (mmp) pada materi pokok luas permukaaan serta volume prisma dan limas ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 67-74. https://core.ac.uk/download/pdf/12347845.pdf
Febriana, E. (2015). Profil kemampuan spasial siswa menengah pertama (SMP) dalam menyelesaikan masalah geometri dimensi tiga ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Elemen: Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.78
Hadi, S. (2017). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Prosiding TEP & PDs, 96–102.
Hidayat, F. (2021). Model ADDIE dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Isnayanti, I., & Harahap, M. S. (2020). Meningkatkan kemampuan spasial matematika siswa di SMP Negeri 3 Padangsidempuan. Mathematic Education Journal, 3(1), 117–122. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/922
Jagom, Y. O. (2015). Kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan massalah geometri berdasarkan gaya belajar visual-spatial dan auditory-sequential. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 176–190. https://doi.org/10.33645/math.v1i3.18
Jayantika, I. G. A. N. T., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2013). Kontribusi bakat numerik, kecerdasan spasial, dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa SD Negeri di Kabupaten Beleleng. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jppm.v2i2.981
Lubis, S., Ardayani, S., & Habibullah, H. (2020). Pengembangan vidio animasi pembelajaran bangun ruang datar berorientasi pada kemampuan spasial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(3), 822–832. https://doi.org/10.24127/ajmp.v9i3.3017
Marunic, G., & Glazar, V. (2013). Spatial ability through engineering graphies education. International Journal of Technology and Design Edication, 23(3), 703–715. https://doi.org/10.1007/s10798-012-9211-y
Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan kemampuan spasial siswa melalui pembelajaran geometri berbatuan cabri 3D. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 179–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.45
Nasution, S. H., Anwar, L., Sudirman, S., & Susiswo, S. (2016). Pengembangan Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial pada Topik Dimensi Tigaa Kelas X. Jurnal KIP, 4(2), 903-913. https://doi.org/10.47178/jkip.v4i2.66
Prakoso, W. D., Putra, M. Y. D., Mentari, A., & Rahman, B. (2015). Peningkatan Kemampuan Spasial Matematis Melalui Pembelajaran Geometri Berbentuk Geogebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 1-8.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128-137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Prasetya, W. A. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68. https://doi.org/1023887/jpp.v5i1.32509
Putri, J. H., Syahputra, E., & Mulyono. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis makromedia flash dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan spasial dan motivasi belajar siswa. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–11. https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i3.22965
Rahmawati, I., Alzaber, A., Herlina, S., & Angraini, L. M. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis discovery learning pada materi perbandingan SMP. Journal of Didactic Mathematics, 3(2), 42-50. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i2.1296
Rinaldi, E. N. Z., Supratman, S., & Hermanto, R. (2019). Proses berpikir peserta didik ditinjau dari kemampuan spasial berdasarkan level berpikir Van Hiele. Journal of AutheNtic Research on Mathematics Eduacation (JARME), 1(1), 38-45. https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.625
Ristontowi, R. (2013). Kemampuan spasial siswa melalui pendekatan pendidikan realistik indonesia dengan media geogebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 409-504.
Simanjutak, S. D. (2020). Statistik penelitian pendidikan dengan aplikasi ms. excel dan SPSS. Surabaya: Jaka Media Publishing.
Sumarni, S., & Prayitno, A. T. (2016). Kemampuan visual-spatial thinking dalam geometri ruang mahasiswa universitas Kuningan. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 2(2), 81–99. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.349
Sulthony, M. M. M., Saputro, A. W., Musahadah, Z. S., Alfariz, A. M. S., & Suryaningrum, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pengenalan pangan lokal untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 11(1). 54-65.
Winaryati, E., Munsari, M., Mardiana, M., & Suwahono, S. (2021). Celuler model of RD&D: Model RD&D pendidikan dan sosial. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia
Wulansari, A., & Adirakasiwi, A. (2020). Analisis kemampuan spasial matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Prosiding SESIOMADIKA, 2(1B), 504-513. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2802
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center