PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-ACCELERATED INSTRUCTION
(1) IAIN Padangsidimpuan
(2) Sekolah Bangun Insan Mandiri
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Manajemen penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Committee on the Undergraduate Program in Mathematics atau CUPM. (2004). Undergraduate programs and courses in the mathematical science: CUPM Curriculum Guide 2004. Washington, DC: The Mathematical Association of America.
Gliner, J. A., & Morgan, G. A. (2009). Research method ins in applied settings. United Kingdom: Taylor & Francis e-Library.
Iriani, W. (2014). Peningkatan kemampuan berpikir logis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan pendekatan open ended. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan
Muijs, D., Reynolds, D. (2008). Effective teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puskur. (2002). Kurikulum dan hasil belajar. kompetensi dasar mata pelajaran matematika sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.
Saragih, S. (2006). Menumbuh kembangkan berpikir logis dan sikap positif terhadap matematika melalui pendekatan matematika realistik: Jurnal pendidikan dan kebudayaan Departemen Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, 1–21.
Saragih, S. (2011). Penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelompok kecil untuk meningkatkan kemampuan keruangan, berpikir logis,dan sikap positif terhadap matematika siswa kelas VIII. Disertasi pada PPs UPI: Tidak Diterbitkan.
Sari, D. M, dkk. (2018). Analysis of students’ prior ability in mathematical logical thinking ability. Advanced Journal of Technical and Vocational Education, 2(1), 13-18.
Sitanggang, A. K. (2010). Upaya meningktkan kemampuan berpikir logis dan kemampuan komunikasi matemastis siswa smp melalui pembelajaran matematika realistik. Tesis UNIMED: Tidak Diterbitkan.
Slavin, R. E. (2008). Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung: Nusa Media.
Sukardi. (2003). Metodologi penelitian pendidikan; kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2007). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group.
Zulkardi. (2001). Realistic mathematics education (rme). teori, contoh pembelajaran dan taman belajar di internet. Makalah. UPI Bandung.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v1i2.317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center