HUBUNGAN RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR
(1) STKIP Al-Maksum
(2) STKIP Al-Maksum
(3) Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics avxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132.
Ansori, Y. dan Herdiman, I. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11-19.
‘Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh mathematical resilience terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 223-234.
Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa SMK dengan pendekatan kontekstual melalui game Adobe Flash CS 4.0. Jurnal Infinity, 4(2), 197–222.
Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan antara minat belajar dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP. Jurnal Numeracy, 5(1), 49-56.
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136.
Fatimah, A. E. (2020). Upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Journal of Didactic Mathematics, 1(1), 33-40.
Fatimah, A. E. dan Purba, A. (2018). Pengembangan lembar aktivitas siswa (LAS) menggunakan pendekatan differentiated instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 4(1), 1-9.
Goodall, J., & Johnston-Wilder, S. (2015). Overcoming Mathematical Helplessness and Developing Mathematical Resilience in Parents: An Illustrative Case Study. Creative Education, 6, 526-535;
Iman, S. A. dan Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. 356-360;
Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2008). Does Articulation Matter When Learning Mathematics? Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 28, 54-59.
Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010). Developing Mathematical Resilience. In: BERA Annual Conference 2010, September 1-4, 2010, University of Warwick.
Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.22 tahun 2016 (2016).
Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., Nurfauziah, P. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa SMP di tinjau dari resiliensi matematik. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933-940.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819-826.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.
Netriwati. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya ditinjau dari pengetahuan awal mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181-190.
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202.
Riski, F, et al. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di sma. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11-23.
Sugandi, I. K. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan resiliensi matematis siswa SMP melalui pendekatan generatif. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 70-77.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (Sutopo, Ed.). Bandung: ALFABETA.
Yanti, F. N, et al. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis: Dampak blended learning menggunakan edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173-180.
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi resiliensi matematis terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal Mosharafa, 7(1), 85-94.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center