Analisis kesalahan siswa kelas X agribisnis tanaman perkebunan SMK Negeri 1 Batang Gansal dalam menyelesaikan soal matriks
(1) STKIP Insan Madani Airmolek
(2) STKIP Insan Madani Airmolek
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, D. S. N., Nafi’an, M. I., & Putri, I. M. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Peubah Banyak. MaPan:Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 207–220. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a7
Ainin, N., Hartono, W., & Aripin, J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika Pada Kelas XI. Euclid, 7(2), 77–147. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3122
Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1998
Ardiawan, Y. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1), 147–163. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php
Chan, K. F., & Yeung, D. Y. (2001). Error detection, error correction and performance evaluation in on-line mathematical expression recognition. Pattern Recognition, 34(8), 1671–1684. https://doi.org/10.1016/S0031-3203(00)00102-3
Charles, R. I. (2019). The Rool Problem Solving. National Council of Teachers of Mathematics, 32(6), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.5951/AT.32.6.0048
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammdiyah Metro, 4(2), 42–52. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
Firdaus. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier pada Materi Matriks. Jurnal InTent, 2(1), 45–52.
Gourgey, A. F. (1984). The Relationship of Misconceptions about Math and Mathematical Self Concept to Math Anxiety and Statistics Performance. Paper Presented at the Annual Metting of the American Educational Research Assosiation, 1–35.
Holmes, V., Miedema, C., & Haugen, N. (2013). Data-Driven Intervention: Correcting Mathematics Students’ Misconceptions, Not Mistakes. Mathematics Educator, 23(1), 24–44.
Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018 (Issue Desember).
Krismantono, R. R., & Purnami, A. S. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 4(1), 53–64.
Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi Dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 2(1), 13. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.21
Lerner, J. (1981). Children with learning disabilities. Houghton Mifflin.
Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesakan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas VII. Mathedunesa, 2(1). http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1218
Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1290
Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.
Miles, M. B., & Hubberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. UIP.
Mirna, M. (2018). Errors Analysis of Students in Mathematics Department to Learn Plane Geometry. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012116
NCTM. (2000). Principles standards and for school mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Newman, M. A. (1977). An analysis of sixth-grade pupils’ errors on written mathematical tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin, 39, 31–43.
Ngalimun. (2013). Strategi dan model pembelajaran. Aswaja Pressindo.
OECD. (2017). MS Sampling Task 7A; information on the Initial (desired) Target Population. OECD.
Pamungkas, C. M., Susanto, H. P., & Meifiani, N. I. (2020). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49–52. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.4050
Pertiwi, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik SMK pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Tamnusai, 2(4), 793–801.
Polya, G. (1945). How to Solve It. Princeton University Press.
Pomalato, S. W. D., Lili, L., Ningsi, B. A., Fadhilaturrahmi, Hasibuan, A. T., & Primayana, K. H. (2020). Student error analysis in solving mathematical problems. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5183–5187. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081118
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639
Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis Kesalahandalam Menyelesaikansoal Materi Termodinamika Pada Siswasma. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(2), 33–39.
Saurdi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Deepublish.
Schoenfeld, A. H. (1987). Pólya, Problem Solving, and Education. Mathematics Magazine, 60(5), 283–291. https://doi.org/10.1080/0025570x.1987.11977325
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan matematika Indonesia. Depdiknas.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158.
Tasya, R. N. N., Rahayu, E. S., & Hidayat, W. (2018). PROBLEM BASED LEARNING Diskripsi kesalahan siswa Kesalahan mengalikan dengan bilangan pecahan Operasi hitung dengan tanda negative Tidak ada tanda kurung siku. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1851–1853.
Ulifa, S. N. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 123–133. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660
Wahyudi. (2019). Analisis Kesalahan Siswa pada Tes Kemampuan Dasar Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik Dwija Cendekia, 3(1), 62–79. https://jurnal.uns.ac.id/jdc
Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113.
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center