Meningkatkan resiliensi matematis mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar melalui pendekatan differentiated instruction
(1) STKIP Al-Maksum
(2) STKIP Al-Maksum
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2018). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arviana, N. N. dan Siswono, T. Y. E. (2014). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Kubus dan Balok. MATHEdenusa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 150-157
Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Jurnal Infinity, 4(2), 197–222
Chusna, A. C., Rochmad., & Prasetyo, A. P. B. (2019). Mathematical Resilience Siswa pada Pembelajaran Team Assisted Individualization dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 2(1), 157-162
Defitriani, E. (2018). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Pendekatan Differentiated Instruction. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 72-76
Ditasona, C. (2017). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal EduMatSains, 2(1), 43-54
Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 11-23
Fatimah, A. E. & Purba, A. (2018). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) menggunakan Pendekatan Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 4(1), 1-9
Fatimah, A. E., Purba, A., & Siregar, Y. A. (2020). Hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada mata kuliah Matematika dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 151-157. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.470
Goodall, J., & Johnston-Wilder, S. (2015). Overcoming Mathematical Helplessness and Developing Mathematical Resilience in Parents: An Illustrative Case Study. Creative Education, 6, 526-535
Harmini, T. (2019). Efektivitas Penggunaan Modul Berbasis Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 136-148
Heacox, D. (2002). Differentiating Instruction in The Regular Classroom. USA: Free Spirit Publishing;
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. 356-360
Iskandar, R. S. F. (2016). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Alphamath: Journal of Mathematics Education, 2(2), 47-53. https://doi.org/10.30595/alphamath.v2i2.1231
Johnston-Wilder, Sue and Lee, Clare (2010). Developing mathematical resilience. In: BERA Annual Conference 2010, 1-4 Sep 2010, University of Warwick
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819-826
Manalu, A. C. S. dan Afrilianto, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 9 Bandung pada Materi Persamaan Garis Lurus dengan menggunakan Pendekatan Konstektual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 363-370. Doi: 10.22460/jpmi.v3i4
Mulhamah., & Putrawangsa, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 58-80
Simanjuntak, S., & Listiani, T. (2020). Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 2 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 134-141. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p134-141
Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Resiliensi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Generatif. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 67-77
Tomlinson, C. A. 1995. Diciding to differentiated Instruction in the middle school: One school’s journey. Gifted Children Quaterly, 39(2), 77-114
Tomlinson, C.A. (1999). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development
Tomlinson, C.A. (2000). What is Differentiated Instruction? Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development
Sumarmo, U. (2018). Hardskill dan Softskill Matematika Serta Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Proceeding National Seminar of Mathematics Education Unswagati Cirebon. Cirebon
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaitif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah statistika Matematika. Jurnal Mosharafa, 7(1), 85-94
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i1.617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center