Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL materi segi empat kelas VII MTs Negeri 3 Siak
(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
(3) Universitas Islam Riau
(4) Universitas Islam Riau
(5) Universitas Pasir Pengaraian
Abstract
The purpose of this research to describe the level validity of mathematics lesson plan by using the Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach on Quadrangle Substance at Grade VII MTs Negeri 3 Siak which was valid test. The development model in this research used an R&D model with six stages were the researcher have modified depends on the needs and conditions with current situation now it’s covid-19 pandemic. These six stages arepotential and problems, data collection, product design, design validation, design revision and final product. The data collection technique used in this research was the validation of lesson plan, the kind of data collection instrument was the form of a validation sheet. While the data analysis technique used in the form of descriptive analysis by describing the validity of the lesson plan which was developed by the researcher. The results of this research, the RPP validation were 85.86% with very valid criteria. While the results of LKPD validation were 89.81% with very valid criteria. Based on the results of this research, it can be concluded that the development of mathematics lesson plan with a Contextual Teaching and Learning (CTL) approach on quadrangle substance at grade VII MTs Negeri 3 Siak has been suitable for the validity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anggriani, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Riau. Pekanbaru.
Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem based learning disertai pendekatan visual thinking pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293–302.
Bernawi, & Arifin, M. (2016). Strategi & kebijakan pembelajaran pendidikan karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dwihantoro, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi aritmatika sosial untuk siswa kelas vii smp. (Skripsi). Diakses di http://eprints.uny.ac.id/50107/
Ilham, M., & Hardiyanti, W. E. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran IPS dengan metode saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi globalisasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 12-29. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.12-29
Ismail, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada pokok bahasan perbandingan kelas VII SMPN 27 Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Diakses di http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6751/
Juliansyah, N. (2011). Metode penelitian skripsi, tesis disertasi dan karya ilmiah. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.
Khairiah, K., Abdurrahman, A., & Sthephani, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran probing-prompting di sekolah SMP Negeri 1 Sungai Batang. Aksiomatik, 7(2), 77–82.
Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas VII. Jurnal Mathedunesa, 2(1).
Nasrah, N., Jasruddin, J., & Tawil, M. (2015). Pengembangan Perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatan contexstual teaching and learning (CTL) untuk memotivasi dan meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 235–248. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i2.709
Nursaadah, I., & Risma, A. (2018). Analisi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Numeracy, 5(1), 1–9.
Rahayuningsih, D. I., Mustaji, M., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726–733. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733
Sarnita, F., Fitriani, A., & Widia, W. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran model PBL berbasis STEM untuk melatih keterampilan berfikir kreatif siswa tuna netra. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(1), 38–44. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.180
Sinaga, D. D., Nyeneng, I. D. P., & Herlina, K. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis predict - observe - explain pada materi tekanan dalam zat cair untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Dan Riset Biologi, 7(2), 103–108.
Sudaryono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal segiempat dan segitiga siswa SMP kelas VIII di Cianjur. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330.
Suripah, & Retnawati, H. (201S9). Student mathematical connection ability in representing multiplication at the elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1254(012080), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012080
Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.16509
Tarmizi, A., & Sthephani, A. (2020). Perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik ( PMR ) berbasis cerita rakyat melayu Riau. Aksiomatik, 8(2), 51–59.
Yakub, R. D., Halimah, A., & Angriani, A. D. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual. Alauddin Journal Of Mathematics Education, 6(3), 5–9.
Zetriuslita, Z., & Wahyuni, R. (2013). Hubungan motivasi kerja dan kesejahteraan terhadap kinerja guru matematika sekolah menengah pertama di kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12471
DOI: https://doi.org/10.34007/jdm.v2i3.959
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mahesa Research Center