Hubungan Harga Diri dan Iklim Sekolah dengan Perilaku Bullying di SMA Swasta Mamiyai Al-Ittyhadiyah Medan
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, T. (2009). Perbandingan metode pembelajaran konvensional dengan metode pembelajaran Hyphnoteaching
Carnagey, N. L., & Anderson, C. A. (2004). Violent video game exposure and aggression. Minerva psichiatrica, 45(1), 1-18.
Ceilindri, R. A., & Budiani, M. S. (2016). Harga diri dan konformitas dengan perilaku bullying pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 6(2), 64-70.
Ceilindri, R. A., & Budiani, M. S. (2016). Harga diri dan konformitas dengan perilaku bullying pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 6(2), 64-70.
Clark, J. A., & Coopersmith, C. M. (2007). Intestinal crosstalk–a new paradigm for understanding the gut as the “motor†of critical illness. Shock (Augusta, Ga.), 28(4), 384.
Daryanto.2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media: Yogyakarta
Fanning, P., McKay, M., & Copeland, M. E. (Eds.). (2000). Family guide to emotional wellness. New Harbinger Publications.
Fithria, F., & Auli, R. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying. Idea Nursing Journal, 7(3), 9-17.
Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2010). Teori-teori psikologi.
Irmayanti, N. (2016). Pola asuh otoriter, self esteem dan perilaku bullying. Jurnal penelitian psikologi, 7(1), 20-35.
Larse, M., Hommel, E., Parving, H. H., & Lund-Andersen, H. (1990). Protective effect of captopril on the blood-retina barrier in normotensive insulin-dependent diabetic patients with nephropathy and background retinopathy. Graefe's archive for clinical and experimental ophthalmology, 228(6), 505-509.
Magfirah, U., & Rachmawati, M. A. (2010). Hubungan antara iklim sekolah dengan kecenderungan perilaku bullying. Jurnal Universitas Islam Indonesia, 1-10.
Meyer-Adams, N., & Conner, B. T. (2008). School violence: Bullying behaviors and the psychosocial school environment in middle schools. Children & schools, 30(4), 211-221.
Putri, M. (2018). Hubungan kepercayaan diri dan dukungan teman sebaya dengan jenis perilaku bullying di mtsn lawang mandahiling kecamatan salimpaung tahun 2017. Menara Ilmu, 12(8).
Saripah, I. (2010, November). Model Konseling Kognitif Perilaku Untuk Menanggulangi Bullying Siswa. In International Confrence on Teacher Education: Join Conference UPI dan UPSI Bandung, Indonesia (pp. 8-10).
Swearer, S. M., Espelage, D. L., Vaillancourt, T., & Hymel, S. (2010). What can be done about school bullying? Linking research to educational practice. Educational researcher, 39(1), 38-47.
Yayasan Semai Jiwa Amini (Sejiwa) .2008. Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.
Darwis, A., (2006). Pengubahan perilaku menyimpang murid disekolah dasar. Jakarta. Depdiknas.
Prasetyo, A. B. E. (2011). Bullying di sekolah dan dampaknya bagi masa depan anak. El-Tarbawi, 4(1), 19-26.
Coopersmith, S. (2007). The antecedents of self-esteem. San fransisco: W.H Freeman & Co.
Edwards, D.C (2006). Ketika anak sulit di atur: panduan bagi orang tua untuk mengubah masalah perilaku anak. Kaifah: Bandung.
Jimerson, S. R., Swearer, S. M., & Espelage, D. L. (2010). Handbook of Bullying in Schools. Bmj, 310(6993), https://doi.org/10.1136/bmj.310.6993.1536
Magfirah, U., dan Rachmawati. (2009). Hubungan Penyesuaian diri dengan Kecendrungan Perilaku Bullying. Jurnal, Fakultas Psikologi dan Ilmu sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, 1-10.
Masitah & Minauli (2016). Hubungan control diri dan iklim sekolah dengan perilaku bullying pada siswa smp swasta budi agung medan tesis program pascasarjana uma.
Rahmawati, S.W. (2016). Peran Iklim Sekolah terhadap Perundungan. Jurnal Psikologi, https://doi.org/10.22146/jpsi.12480
Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Cipta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Santrock, J.W. (2002). Perkembangan Masa hidup, edisi 5, jilid 2, Jakarta: Erlangga.
Sejiwa. (2008). Kekerasan terhadap anak makin memiriskan, Mei, 5, 2016.
https://media.neliti.com/media/publications/235764-fenomena-bullying-dalam-pendidikan-95a766b5.pdf
http://sejiwa.org/kekerasan-terhadap-anak-makin-memiriskan/.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License