Pengaruh Bermain Puzzle dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Resiliensi Anak Usia 5-6 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Raya Medan
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmada, M., & Uyun, I. N. (2019). Peran Orang Tua dalam Membangun Resiliensi pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karakter Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’Sumah, Supeningsih, Lestariningrum, A., & Suyatno, A. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Widina Media Utama.
Asih, S., & Mawardi, I. (2021). Inovasi Guru dalam Pengembangan Karakter Resiliensi Anak Usia Dini di Masa Belajar dari Rumah (BDR). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian (SNHRP), 232–241. Surabaya: LPPM Universitas PGRI Adi Buana. Retrieved from https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/197
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daniel, B., & Sally, W. (2002). The Early Years : Assessing and Promoting Resiliensi in Vulnerable Children. London and Philadelpia: Jesica Kingsley Publishers.
Deswanda, A. R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Resiliensi Remaja Yayasan Sosial di Jakarta Selatan (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Rista, D. P. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230
Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27–36. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1334
Hendriani, W. (2019). Resiliensi Psikologis. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hendriani, W. (2022). Resiliensi Psikologi Sebuah Pengantar (cetakan ketiga). Jakarta: Prenadamedia Group.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60–71. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193
Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). Kajian Biblika Mengenai Pendidikan Anak dan Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 15–33. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12
Jatmika, Y. (2012). Ragam Aktivitas Harian Untuk Play Group. Yogyakarta: Diva Press.
Lubis, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi. Medan: USU Press.
Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488
Marlin, M. E., & Rusdarti. (2016). Konstruksi Sosial Orang Tua Tentang Pendidikan dan Pola Asuh Anak Keluarga Nelayan. Journal Unnes, 5(2).
Moesclitaoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhammad, Z. . (2014). Perlindungan Anak dalam Perspektif Islam. ASAS: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 6(2). https://doi.org/10.24042/ASAS.V6I2.1715
Novianti, R. (2013). Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.33578/JPSBE.V1I1.1621
Patilima, H. (2015). Resiliensi Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Rahwani, S., Chairilsyah, D., & Hukmi. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Regulasi Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 3 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2).
Sarafino, E. P. (2006). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. New Jersey: John Wiley & Amp.
Setiawati, D. (2019). Pengaruh permainan puzzle hewan terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Ummi Erni Dusun XIII Sidobali desa Pematang Johar Kec. Labuhan Deli Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019 (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Sulaiman, W. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3953–3966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120
Sunarti. (2005). Ajarkan Anak Keterampilan Hidup Sejak Dini. Jakarta: Alex Media Komputindo.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian–Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: UPI Press.
Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Jakarta: Sinar Grafika.
Suyanto, S. (2015). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898
Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221
Tidjani, A. (2017). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Reflektika, 12(1), 96–133. https://doi.org/10.28944/REFLEKTIKA.V13I1.74
Uran, A. L., Leton, S. I., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 69–76. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.100
Wiguna, I. B. A. A. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 533. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4798
Wijaya, A., Purnomolastu, N., & Tjahjoanggoro, A. J. (2015). Kepemimpinan Berkarakter. Surabaya: Brilian Internasional.
Winarni, F. (2006). Reorientasi Pendidikan Nilai dalam Menyiapkan Kepemimpinan Masa Depan. Cakrawala Pendidikan, 25(1).
Wulandari, M., Akbarjono, A., & Saputra, A. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak 5-6 Tahun di PAUD Harapan Ananda Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 354–366. https://doi.org/10.29300/ALFITRAH.V2I2.2534
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License