Vokal Klasik pada Anak Usia 8-10 Tahun di Qinia Music Course Jalan Sisingamangaraja Medan Amplas

Felisya Debora Tiolamrenta(1), Lamhot Basani Sihombing(2), Wiflihani Wiflihani(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang  berdirinya Qinia Music Course sebagai lembaga musik. Proses  pembelajaran vokal klasik pada anak usia 8-10 tahun di Qinia Music Course. Metode yang digunakan dalam pembelajaran vokal klasik pada anak usia 8-10 tahun di Qinia Music Course. Sarana dan prasarana yang disediakan untuk menunjang pembelajaran vokal klasik pada anak usia 8-10 tahun di Qinia Music Course. Kendala pengajar dan siswa dalam proses pembelajaran vokal klasik pada anak usia 8-10 tahun di Qinia Music Course. Cara guru mengevaluasi hasil pembelajaran vokal klasik pada anak usia 8-10 tahun di Qinia Music Course. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara rinci dan jelas tentang suatu fenomena yang menjadi fokus penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah Direktur Qinia Music Curse 1 orang, Pengajar/instruktur vokal klsik 1 orang, dan siswa yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, demonstrasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode ceramah, Metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Pelatihan, Metode Demonstrasi, Metode Tanya jawab, dan metode latihan (drill) Cukup berhasil membangun pemahaman siswa tentang teori dasar musik, bagaimana membaca notasi dan menyanyikan lagu dengan vokal klasik yang baik.


Keywords


Pembelajaran, Vokal, Klasik, Anak Usia 8-10 Tahun

Full Text:

PDF

References


Athouse, J. (2015). The Complete Choral Warm-UP Book. U.S.A: Alfred Publishing.

Suhayanto, A (2017). Sejarah Pendidikan Seni Musik Klasik Non Formal di Kota Medan. Gondang:Jurnal Seni dan Budaya, 1 (1): 6-11.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Busroh, J. (1992). Pendidikan Kesenian Musik I, Jakarta. Depdikbud..

Bintarto, G. (2015). Aspek Olah Vokal Musik Klasik Barat pada Musik Populer. Yogyakarta: Jurnal.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : BUMI AKSARA.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Bandung : BUMI AKSARA.

Hurlock, B.E. (1995). Perkembangan Anak. Edisi Keenam: Jakarta.

Linggono. B. (2008). Seni Musik Non Klasik. Jakarta: Depdikbud.

Moleong, L.J. (2016). Metode penelitian kualitatif edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Oktara, B. (2011). 6 Jam Jago Teknik Vokal Secara Otodidak. Jakarta : Gudang Ilmu.

Pramuyuda, Y. (2010). Buku Pintar Olah Vokal. Yogyakarta: BukuBiru.

Prier, E.K. (2004). Ilmu Bentuk Musik (cetakan kedua). Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.

Rundus, K. (2015). Cantabile Voice Class. U.S.A: Pavane Publishing.

Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta : PT. Gramedia

Sugiyono. (2014). Metode penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&G. Bandung : ALFABETA.

Syafarudin. (2005). Manajemen Pembelajaran. Ciputat : PT. Ciputat Press

Syarif, K. (2015). Perkembangan Peserta Didik. Medan : Unimed Press.

Wiflihani. (2012), Penanaman Musikalitas Peserta Didik Melalui Solfeggio yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Biola di Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan: Studi Kasus Pembelajaran Biola Level 1, Tesis: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia

Yonathan, H. (2013). PIP VOKAL. Jakarta: Depdikbud.

https://evmusicworkstationteam.wordpress.com/2008/12/20/sekilas-mengenai-vokal-klasik-barat/

http://gitafeb11.blogspot.com/2014/10/teknik-vokal-klasik-seriosa.html




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v2i3.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License