Implementasi Kebijakan Asean-China Free Trade Area (ACFTA) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepabeanan Belawan, Sumatera Utara
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustino, L. (2012). Dasar - Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.
Arimbhi, P., & Hutapea, Y. (2016). Implementasi Kebijakan Acfta (Asean-China Free Trade Area) di Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. JURNAL REFORMASI ADMINISTRASI (Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani), 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31334/reformasi.v3i1.95.g83
ASEAN - China. (2022). Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional. https://ditjenppi.kemendag.go.id/index.php/asean/asean-1-fta/asean-china
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Putra Grafika.
Djermor, J. (2020). TINJAUAN KEBIJAKAN RELAKSI PENYERAHAN SURAT KETERANGAN ASAL DIMASA PANDEMI COVID-19. Simposium Nasional Keuangan Negara, 2(1), 232–249. https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/snkn/article/view/535
Hendrawan, A. I., Kusmanto, H., & Warjio. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Publik di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration, 8(1), 65–84.
Ichsan, R., & Nasution, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kurnia Aneka Gemilang Tanjung Morawa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1281–1288. https://doi.org/https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.629
kemenperin.go.id. (2012).
Keputusan Presiden Nomor 48, (2004).
Laporan Kinerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. (2020).
Miles, M. B., & Habermann, A. M. (1992). Analisa Data Kualitatif. UI Press.
Narita, A. A. S., & Warjio, A. S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara UPT Medan Selatan. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration, 6(2), 87–96.
Ningrum, D., Fitriani, N., & Sudrajat, A. (2019). Kualitas Pelayanan Mobil Unit Penerangan pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumedang. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 9(2), 113–118. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jap.v9i2.2414
Nur Mahdi, N., Suharno, & Nurmalina, R. (2021). TRADE CREATION DAN TRADE DIVERSION ATAS PEMBERLAKUAN ACFTA TERHADAP PERDAGANGAN HORTIKULTURA INDONESIA. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 15(1), 51–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30908/bilp.v15i1.489
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171, (2020).
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 26, (2017).
Rajagukguk, Z. (2013). Perkiraan Dampak ACFTA terhadap Kesempatan Kerja pada Industri TEkstil dan Produk dari Tekstil di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 8(1), 27–36.
Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Biro Umum Sekretariat Daerah Propinsi Sumatera Utara). Jurnal Administrasi Publik: Public Administration, 1(1), 22–34.
Septiana, A., & Nawangsari, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengurusan E-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Candi Sidoarjo. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1645–1656. https://doi.org/https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.923
Setiawan, S. (2012). ASEAN-CHINA FTA: DAMPAKNYA TERHADAP EKSPOR INDONESIA DAN CINA. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 6(2), 129–150. https://doi.org/https://doi.org/10.30908/bilp.v6i2.97
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tambunan, T. T. (2004). Globalisasi dan Perdagangan internasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tresia, W. (2014). Efektivitas Pemberlakuan Asean-China Free Trade Area (ACFTA) Terhadap Pasar Industri Kosmetik Indonesia. Jom FISIP, 1(2).
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v5i2.1423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License