Hukum Memberikan Rating dan Informasi yang Tidak Benar Perspektif Fatwa MUI No 24 Tahun 2017 pada Online Shop di Kota Medan
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online costumer reviews (OTRs) dan rating: Kekuatan baru pada pemasaran online di Indonesia. Ebbank, 8(1), 89–98.
Citra, M. E. A., Sutrisni, N. K., & Dewantara, C. D. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU USAHA DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK (E-COMMERCE) ATAS PENILAIAN BURUK KONSUMEN YANG DITIMBULKAN DARI KESALAHAN KONSUMEN SENDIRI. Jurnal Hukum Saraswati (JHS), 5(1), 381–392.
Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty. ESENSI.
Harahap, I. (2017). Pendekatan Al-Maṣlaḥah Dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (Mui) Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Hukum Dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial. Yurisprudentia: Jurnal Hukum Ekonomi, 3(1), 47–65.
Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis pengaruh online customer review, online customer rating, dan star seller terhadap kepercayaan pelanggan hingga keputusan pembelian pada toko online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), A234–A239.
Hutasoit, H. R. (2014). Perpustakaan dan penyebaran informasi. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 8(2), 177–185.
Indonesia, P. R. (2018). Undang-Undang Republik indonesia nomor 11 tahun 2018.
Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.
Kristianto, P. L. (2011). Integrasi Ilmu Psikologi Dalam Kegiatan Pemasaran. Yogyakarta: Caps.
Kushidayati, L., & Rosyid, M. (n.d.). Kontribusi Fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Penggunaan Medsos bagi Muslim Indonesia.
Ruhaya, B. (2023). Konsolidasi Fatwa MUI dengan Fikih Informasi dalam Merumuskan Etika Bermuamalah di Media Sosial. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 731–746.
SARI, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Hkbp Nommensen Medan).
Satriani, I. (2020). Eksistensi Fatwa MUI No. 24 Tahun 2017 Sebagai Pedoman dalam Penggunaan Media Sosial bagi Masyarakat Islam. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 18(1), 129–148.
Shoppe Pusat Edukasi Penjual, Tentang meningkatkan Kepuasan Pembeli Pusat Edukasi Penjual shoppe Indonesia, diakses pada 20 februari 2023. (n.d.).
Siregar, D. A. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Platform Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Stambuk 2018 FEB UMA).
Soekanto, S. (2007). Penelitian hukum normatif: Suatu tinjauan singkat.
Sundari, A., & Syaikhudin, A. Y. (2021). Manajemen ritel (Teori dan strategi dalam bisnis ritel). Academia Publication.
Tokopedia Care, cara memberikan reputasi ke penjual Tokopedia Care diakses pada Februari 2023. (n.d.).
Tussafinah, H. (2018). Pengaruh Rating Dan Ulasan, Jaminan 100% Pengembalian Dan Layanan COD atau Bayar di Tempat terhadap Keputusan Pembelian Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang). FEBI-UIN Walisongo.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v6i1.1870
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License