Gen-Z dan Kepercayaan Terhadap Mitos Kecantikan Melalui Ritual di Sendang Bidadari: Tinjauan Teologi Islam
(1) Institut Agama Islam Negeri Kudus
Abstract
Kecantikan merupakan sebuah karunia dari tuhan yang diberikan kepada setiap Perempuan. Dalam mempertahankan kecantikan Perempuan jawa memiliki banyak cara salah satunya yaitu melaksanakan ritual kecantikan. Sehingga hal tersebut menjadi kebudayaan turun-temurun sampai generasi sekarang (Gen-Z). Sebagai Gen-Z yang sering dikaitkan dengan hal yang bersifat modern dan pola pikir yang rasional. Namun tidak dengan Gen-Z yang melakukan ritual kecantikan di Sendang Bidadari. Mereka masih meyakini adanya mitos atau manfaat yang ada pada air di Sendang Bidadari. dari pemahaman tersebut terdapat rumusan masalah yaitu bagaimana pemahaman Gen-Z dan kepercayaannya terhadap mitos kecantikan di Sendang Bidadari saat ini kemudian ditinjau dari Teologi Islam. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukan Gen-Z yang datang ke Sendang Bidadari meyakini adanya kekuatan spiritual air sendang yang dapat mengabulkan beberapa hajat. Gen-Z meyakini hal yang mereka lakukan sebagai bentuk ikhtiar kepada tuhan tanpa ada kemusyrikan. Mereka juga meyakini ritual tersebut merupakan kebudayaan yang sudah dilakukan secara turun-temurun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2014). Teologi Inklusif Nurcholish Madjid: Harmonisasi Antara Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemoderenan. Humaniora, 5(2), 665. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3123
Adiningsih, P. S., Pramudya, B., & Prasetia, P. (2022). Perancangan Motion Graphic Edukasi Bangga Kecantikan Lokal (Indonesia) Kepada Remaja Putri Usia 18-22 Tahun Di Indonesia. 04, 35–53.
Agatta, S. K. D. (2022). Eksplorasi Nilai Multikulturalisme Dalam Tradisi Tolak Balak Di Air Terjun Sedudo Kabupaten Nganjuk. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jabi.v4i1.41581
Ahmad, F. R. A. (2019). Urgensi Penanaman Aqidah Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(2). https://doi.org/10.31000/jkip.v1i2.1997
Airmolek. (2011). Aqidah Dan Budaya: Upaya Melihat Korelasi Agama Atau Budaya Dalam Masyarakat. Aqidah Dan Budaya: Upaya Melihat Korelasi Agama Atau Budaya Dalam Masyarakat, 53(9), 1689–1699.
Angrianti, W. (2015). Aqidah Dan Ritual Budaya Muslim Jawa Studi Tentang Peran Utama dalam Aktualisasi Aqidah Islam Di Desa Mentaos Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Jurnal Cemerlang, III(1), 28–45.
Avianita, S., Studi, P., Bahasa, P., Shindyavianita, S. J., Handoko, G., Handoko, G., Handoko, G., Handoko, G., Tumenggung, R., Kumitir, G., Diponegoro, P., Handoko, G., Handoko, K. G., Jogotamu, D., Turusan, D., Handoko, G., & Handoko, G. (2017). Mitos Cerita Makam Gagak Handoko di Gunung Damar Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. 01, 107–118.
Ellitte, M. U., & Fakhruddin, A. (2019). Konsep Mempercantik Diri Dalam Prespektif Islam Dan Sains. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 21(2), 82.
Fardiana, O. I. (2014). Mitos Kecantikan Perempuan Muslim(Studi Diskursif dalam Blog Fashion Muslim).
Firdausy, S. W. el. (2014). Putri Utama Jawa : Kecantikan Perempuan Dalam Perspektif jawa. 1–13.
Fitriyani, A., Widiarto, T., & Sunardi, S. (2020). Sejarah Tradisi Sendang Dan Nilai Sosial-Religius Desa Tetep Kelurahan Randuacir Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(2), 170. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i2.5500
Ihsan, W., & Saudah, atus. (2022). Beauty Privilege Wanita Menurut Pandangan Al-Qur’an (Studi Tafsir Tematik). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 11(2), 190.
Indradjaja, A. (2017). Penggambaran Ideal Perempuan Jawa pada Masa Hindu-Buddha : Refleksi pada Arca-arca Perempuan. PURBAWIDYA: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Arkeologi, 6(2), 105. https://doi.org/10.24164/pw.v6i2.210
Ismawati, E. (2018). Pemetaan Status dan Peran Perempuan Jawa dalam Teks Sastra Indonesia The Status and the Roles of Javanese Women in Indonesian Literary Texts and in the Reality. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 20(2), 223. https://doi.org/10.14203/jmb.v20i2.612
Muh. Subhan Ashari. (2020). Teologi Islam Persepektif Harun Nasution. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 12(1), 73–96. https://doi.org/10.37252/an-nur.v12i1.82
Mukaromah, S. (2020). Spirit Keislaman dan Keindonesiaan Perspektif Nurcholish Madjid. An-Nur Jurnal Studi Islam, 10(2), 137–160.
Nisfiyah, L., & Nugraha, M. A. S. (2023). Tanda Mitos Keabadian Pada Film 17 Selamanya Karya Hanung Bramantyo dan Implikasinya Pada Masyarakat. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 399–407. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5245
Nurrohmah, M. (2023). Mahdina Nurrohmah & Bagus Wahyu Setyawan – Nilai Religius dalam Tradisi Ziarah di Petilasan Sri Aji Jayabaya. 8, 48–61.
Putri, Y., & Nurhuda, A. (2023). Kontribusi Pemikiran Mohammad Natsir Dalam Lembaga Pendidikan Di Indonesia. JIS: Journal Islamic Studies, 1(3), 262–281.
Sawitri, D. R. (2022). Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul.
Suryani, E. (2019). A Mitos Cerita Sendhang Jetakwanger di Desa Jetakwanger Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 7(1), 32–35. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v7i1.33383
Syamsuddin, M. (2018). Totemisme dan Pergeserannya: Studi Terhadap Tradisi Lokal di Sendang Mandong, Klaten, Jawa Tengah. Religi Jurnal Studi Agama-Agama, 13(01), 96. https://doi.org/10.14421/rejusta.2017.1301-06
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Zaini, M. (2023). Ragam Metode dan Corak Pemikiran dalam Khazanah Teologi Islam. SINTHOP: Media Kajian Pendidikan, Agama, Sosial Dan Budaya, 2(1), 31–49. https://doi.org/10.22373/sinthop.v2i1.2825
Zaprulkhan, Z. (2018). Dialog dan Kerjasama Antar Umat Beragama dalam Perspektif Nurcholish Madjid. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(2), 154–177. https://doi.org/10.32923/maw.v9i2.783
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v6i4.2142
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License