Analisis Marketing Viral dan Branding Produk Lokal Aqua dan Le Minerale di Instagram

Fathan Auzan Abdullah(1), Kunto Adi Wibowo(2), Detta Rahmawan(3),


(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(3) Universitas Padjadjaran

Abstract


Perusahaan minuman lokal Aqua dan Le Minerale mempergunakan platform media sosial Instagram sebagai alat untuk mengiklankan produk mereka serta berinteraksi dengan konsumen. Penelitian ini membahas dan meneliti bagaimana brand minuman lokal tersebut memanfaatkan media sosial, terutama Instagram, untuk memperkuat strategi pemasaran mereka, dengan fokus pada penerapan konsep Viral Marketing dari Rayport. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian, dengan mengambil sampel sebanyak 103 unggahan melalui teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan coding book dan coding sheet. Uji Mann-Whitney mengungkapkan perbedaan yang signifikan pada engagement berupa jumlah komentar dan likes antara konten product information dan merupakan konten yang sering di unggah dibandingkan dengan konten lainnya. Strategi promosi yang paling sering digunakan adalah teknik giveaway, kedua brand tersebut menggunakan teknik giveaway, meskipun Aqua lebih banyak menggunakan teknik giveaway dibandingkan Le Minerale. Analisis lebih lanjut menunjukkan perbedaan yang signifikan pada tingkat engagement antara konten event dan entertainment, dimana konten event cenderung memiliki engagement yang lebih tinggi.

Keywords


Strategi Marketing; Instagram; Strategi Branding

Full Text:

PDF

References


Adistia, M., & Sanaji, S. (2022). Influence Of Social Media Marketing, E-Commerce, and Product Innovation on Marketing Performance (Study on Food and Beverage SMEs in Surabaya). Journal of Business and Management Review, 3(7), 453–469. https://doi.org/10.47153/jbmr37.4272022

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. mcgraw-hill.

Costill, A. (2015). Things you absolutely need to know about Instagram. Retrieved April, 20, (30).

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Hamdani & Mawardi. (2018). PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA.

Hernaeny, U. F. (2021). Pengantar Statistika 1. Bandung Jawa Barat: Media Sains Indonesia.

Ibrahim, B. (2022). Social Media Marketing Activities and Brand Loyalty: A Meta-Analysis Examination. Journal of Promotion Management, 28(1), 60–90. https://doi.org/10.1080/10496491.2021.1955080

Malone, T. W., & Klein, M. (2007). Harnessing collective intelligence to address global climate change. Innovations: Technology, Governance, Globalization, 2(3), 15-26.

Percy, L., & Rossiter, J. R. (1997). Advertising communications and promotion management. McGraw-Hill.

Rayport. (1996). The Virus of Marketing | Printer-friendly version The Virus of Marketing. http://pf.fastcompany.com/magazine/06/virus.htmlURL:http://www.fastcompany.com/magazine/06/virus.html

Riffe, D., Lacy, S., Fico, F., & Watson, B. (2019). Analyzing media messages: Using quantitative content analysis in research. Routledge.Scissons, M., Vo, J., & Sim, H. (2015). Instagram Marketing Strategy. Toronto: FlashStock Technology Inc.

Shen, B., & Bissell, K. (2013). Social Media, Social Me: A Content Analysis of Beauty Companies’ Use of Facebook in Marketing and Branding. Journal of Promotion Management, 19(5), 629–651. https://doi.org/10.1080/10496491.2013.829160

Singh. (2020). 7780 J a nua ry-M arc h 2 0 2 0.

Syahidah, R. A. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. HUMANIS (Humanities, Management, and Science Proceedings), 1(2): 827-831.

Urva, G., Pratiwi, M., Oemara Syarief, A., Studi Teknik Informatika, P., & Studi Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, P. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. 2(1), 56–61.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v7i1.2264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License