Dampak Kualitas Pelayanan dan Jasa Online Travel Agent terhadap Keputusan Menginap di Hotel

Formaida Tambunan(1), Marupa Siregar(2), Rosalia Laia(3),


(1) Universitas Sari Mutiara Indonesia
(2) Universitas Sari Mutiara Indonesia
(3) Universitas Sari Mutiara Indonesia

Abstract


Bisnis perhotelan sangat menjanjikan di Indonesia karena mempunyai peranan yang sangat penting pada perkembangan perekonomian negara Indonesia yang juga termasuk di Kota Medan. Bila semakin banyak dilakukan kerjasama dengan negara-negara lain, maka akan membuka ruang masuknya wisatawan dari mancanegara ataupun lokal yang memiliki kepentingan bisnis ataupun hanya melakukan wisata di Kota Medan. Untuk itu para pengunjung yang datang ke Kota Medan tentu membutuhkan tempat tinggal sementara selama mereka melakukan aktivitas di Kota Medan yang disebut hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan dan jasa online travel agent terhadap keputusan menginap di hotel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif dengan populasinya adalah pengunjung yang menginap di hotel Harper Medan sebanyak 2400 orang dan sampel melalui rumus slovin diperoleh sebanyak 96 responden sementara teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik icendental sampling. Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner dengan skala Likert. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa online travel agent berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap keputusan menginap di hotel. Dari hasil penelitian diharapkan kepada pemilik hotel untuk selalu melakukan evaluasi terhadap kerjasama yang dilakukan melalui jasa online travel agent serta selalu melakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan yang ditawarkan kepada calon pengguna jasa hotel.

Keywords


Online Travel Agent Service; Service quality; Stay Decision.

Full Text:

PDF

References


Desembrianita dan Ruslin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 6(12).

Dewi, K. dan M. (2021). Pengaruh Online Travel Agent dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap di Kalibaru Cottages Hotel & Restoran Banyuwangi. Jurnal Inovasi Penelitian (JIP), 2(4).

Harperhotels.com. (2024). Profil Hotel. https://www.harperhotels.com/id/ hotel/view/12/harper-wahid-hasyim---medan

Hartini. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap di Hotel Sakura Palangkaraya. Jurnal Al-Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1).

Hastoko dan Stevany. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan menginap di hotel POP Kelapa Gading. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9).

Hendriyati, L. (2021). Pengaruh Online Travel Agent terhadap Pemesanan Kamar di Hotel Mutiara Malioboro Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 17(1).

Kotler P. & Keller, K. . (2019). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Mardo, S. A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Deepublish.

Pemko Medan. (2024). Data Hotel Bintang di Kota Medan - Tahun 2021. Pemko Medan. https://data.pemkomedan.go.id/en_AU/dataset/data-industri-pariwisata-kota-medan/resource/991c227c-ad30-4368-8a8f-f62fecbfd805?inner_span=True

Prianto dan Wulansari. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Kristal Jakarta. Junal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan Dan Koperasi, 3(1).

Sihombing, I.H.H., P. N. P. S. & P. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menginap Wisatawan Nusantara. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 7(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistyawati dan Peringgaswari. (2023). Pengaruh Penjualan Kamar Melalui Online Travel Agent Terhadap Tingkat Hunian Kamar (Studi Kasus di Kayu Manis Jibaran Privite Estate & Spa Bali). Journal of Hotel Management, 1(1).

Tjiptono, F. (2017). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v7i1.2308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License