Pengaruh Peran Kampanye Media Sosial Terhadap Perilaku Pemilih Muda Di Kota Semarang

Nureza Ade Saputra(1), Dewi Erowati(2),


(1) Universitas Diponegoro
(2) Universitas Diponegoro

Abstract


Intensitas yang tinggi menjadikan media sosial sebagai saluran komunikasi politik alternative, juga dapat mempengaruhi perilaku memilih masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran penggunaan media sosial sebagai media Kampanye politik dalam mempengaruhi perilaku pemilih dengan mengungkapkan bagaimana peran kampanye politik di media sosial terhadap perilaku pemilih muda di Kota Semarang pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 dan bagaimana media sosial sebagai media komunikasi baru untuk kampanye kegiatan politik dapat mempengaruhi perilaku pemilih muda di Kota Semarang pada Pemilihan Presiden Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, responden sebanyak 100 orang anak muda yang tersebar di Kota Semarang. Hasil analisis data menujukan, Koefisien regresi variabel peran kampanye sosial media adalah positif (0,792) dan signifikan. Pengujian variabel peran kampanye sosial media terhadap perilaku pemilih muda menghasilkan nilai Fhitung sebesar (120.636) > Ftabel (2.96) atau signifikansi (0.000) < (0.05), sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh signifikan antara peran kampanye sosial media terhadap perilaku pemilih muda.


Keywords


Social Media; Political Campaign; General Election

Full Text:

PDF

References


Aprinta, G. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Kepekaan Sosial di Usia Remaja. Jurnal The Messenger, 9(1), 65–69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i1.428

Ardha, B. (2014). Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 Di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(01), 105–120.

Budiyono. (2017). Media Sosial dan Komunikasi Politik : Media Sosial sebagai Komunikasi Politik Menjelang Pilkada DKI Jakarta 2017. Jurnal Komunikasi, 11(1), 47–62.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Didin. (2020). Jumlah DPT Kota Semarang 1.174.068. Retrieved from https://kpu-semarangkota.go.id/berita/Jumlah-DPT-Kota-Semarang-1174068

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haloho, E. E. (2016). Peran Media Sosial Terhadap Perilaku Pemilih Pemula Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Manado 2016. Acta Diurna Komunikasi, 5(3), 1–4. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12780/12372

Harahap, H. I. (2019). Hate Speech in Election: Increasing Trends and Concerns. In 1st International Conference on Life, Innovation, Change and Knowledge (ICLICK 2018) (pp. 44–46). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/iclick-18.2019.10

Indainanto, Y. I. (2020a). Hegemoni Ideologi Konsumtif sebagai Gaya Hidup Remaja Hegemony of Consumptive Ideology as a Youth Lifestyle. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Comunication Study, 6(1), 65–75.

Indainanto, Y. I. (2020b). Relasi Politik , Bullying dan Etika Mengenai Isu “ Muslim Uighur †di Media sosial, 4(1), 68-85. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i1.4014

Juniarti, G., Indainanto, Y. I., & Augustine, P. Y. (2019). Strategi Joko Widodo Membentuk Manajemen Kesan di Instagram Menjelang Pilpres 2019. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 116–132. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.116-132

Munzir, A. A., & Zetra, A. (2019). Beragam Peran Media Sosial dalam Dunia Politik di Indonesia The Various Roles of Social Media in Politics in Indonesia, 7(2), 173–182.

Nasution, F. A., & Kushandajani, K. (2019). Partisipasi Politik Masyarakat Kecamatan Medan Maimun Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 227–235. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.3015

Nasution, F. A. (2020). Menakar Partisipasi Politik Masyarakat Kota Medan Terhadap Pemilihan Walikota Medan Tahun 2020: Indonesia. Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 12(2), 97–113. Retrieved from https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955

Ratnamulyani, I. A. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan HumanioraHumaniora, 2(2), 154–161. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siagian, H. F. (2015). Pengaruh Dan Efektivitas Penggunaan Media Sosial. Jurnal AL-Khitabah, 2(1), 17–26.

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharyanto, A. (2016). Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Adminitrasi Publik, 6(2), 123–136. https://doi.org/10.31289/jap.v6i2.1051

Thamrin, M. H., Nasution, M. A., & Nasution, F. A. (2020). Problematik Data Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 Di Kota Medan. JURNAL SOSIAL POLITIK, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.22219/sospol.v6i2.11367

Utomo, W. P. (2013). Menimbang Media Sosial dalam Marketing Politik di Indonesia : Belajar dari Jokowi-Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2012. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 17.




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License