Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Luas Bangun Datar antara Model Pembelajaran Inquiry dengan Explicit Instruction Berbantuan Puzzle
(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Terbuka
(3) Universitas Terbuka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anwar, A.S. & Lapenia, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sembawa. Jurnal Lensa Pendas, 4 (1), 52-59.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmiyati, & Hasanah, R. N. (2017). Penerapan Model Explicit Instruction Dikombinasikan Dengan Model Probing Prompting Dan Media Realita Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Vidya Karya, 32(2), 139-147.
Harahap, L.W., dan Surya, E. (2017). “Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needsâ€. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Vol 33, No 3, pp 1-12. Harahap, Lola Wita dan Edy Surya. 2017. “Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needsâ€. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Vol 33, No 3, pp 1-12
Hastjarjo, D. (2008). Ringkasan buku Cook & Campbell. (1979). Quasi Experimentation: Design & Analysis Issues for Field Settings. Houghton Mifflin Co.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Lutfiyah, & Mansur, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media. Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ibtida’I, 5(1), 15-28.
Muri, Y. (2013). Metode penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Fajar Interpratama lrata.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 20 Tahun 2016. (2016). Standar Kompetensi Kelulusan Pendidikan Dasar. Retrieved 3 12, 2019, From Https://Bsnp-Indonesia.Org/Wp-Content/Uploads/2009/04/Permendikbud_Tahun2016_Nomor020_Lampiran.Pdf.
Ridawati, Annas, S., D, S., & Yahya, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Bontoramba Kabupaten Jeneponto Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Pena, 1(2), 131-137.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientase Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Silma, E. (2017). Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMAN 1 Langgam Kabupaten Pelalawan. Pekbis Jurnal, 9(1), No1: 68-76.
Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Utari, R., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di MIN Air Kuning Tahun Pelajaran 2015/ 2016. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.433
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License