Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa
(1) Universitas Terbuka UPBJJ Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Terbuka Tangerang Selatan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Materi Kimia Kelas XI IPA SMAN 4 Makassar. Chemistry Education Review (CER), 84-91.
Andari, T. (2010). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V Sd Se-Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Ayati, I., Murtadlo MS, A., & Wendra, B. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siawa Di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Mazniyah Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Harahap, E. (2021). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 829-835. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.434
Harahap, T., Husein, R., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Berpikir Kritis. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 972-978. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37-44.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.
Rambe, A., Fauzi, K., & Nuriadin, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran CTL Dengan Kemampuan Awal Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 203-209. doi:https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.623
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi dan Sukarno, A. (1995). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Suprapto, E. (2015). Pengaruh model pembelajaran kontekstual, pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif. invotec, 11(1).
Sutawidjaja, A., dan Jarnawi Afgani D. (2015), Pembelajaran Matematika. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.
Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License