Fenomena Ilmu Kebatinan Masyarakat Jawa di Desa Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan.
(1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat
(2) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat
(3) Universitas Negeri Medan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnan, D. (2017). Laku Tasawuf Sebagai Terapi Psikospritual (Studi Komunikasi Transendental Melalui Psikologi Agama Pada Ajaran "Ilmu Sejati" di Desa Karangampel. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(1): 1-15
Ariyanti, M. (2019). Konsep Tirakat Puasa Kejawen Bagi Penghayat Kepercayaan Kejawen. Prosiding Pada Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, Bandung : 23 November : Hlm 609-620
Eccep, I. (2017). Landasan Qurani Tentang Zikir Dalam Ajaran Tarekat. Jurnal Syifa Al-Qulub, Vol 1, (2),195-201.
Endraswara, S. (2015). Agama Jawa (Ajaran, Amalan, Dan Asal-Usul Kejawen). Yogyakarta: NARASI.
Endraswara, S. (2018). Mistik Kejawen (Sinkriatisme, Simbolisme, dan Sufisme dalam Budaya Spritual Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Ghazali, I. (2020). Ikhtisar Ihya’Ulumiddin. Jakarta Selatan : PT Rene Turos
Han, L. K. (2020). Pedekatan Injil terhadap Aliran Kepercayaan Kebatinan. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1 (2): 34-49.
Hudaya, H. (2008). Kritik IBN TAIMIYAH terhadap Paham Wahdatul Wujud. Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. 7 (2): 165-186
Idris, M.A. (2020). Kontruksi Puasa Waqi’ah. Jurnal Living hadis, 5 (3):17-39
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Gaung Persada.
Karomi, K. (2013). Tuhan dalam Mistik Islam Kejawen (Kajian Atas Pemikiran Raden Ngabehi Ranggawarsita). Jurnal KALIMAH,11(2),287-304.
Koentjaraningrat. (1987). Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: UI-Prees.
Mujab, S. (2019). Fenomena Tarekat Dalam Tradisi Pesantren (Analisis Sosio Historis Terhadap Perkembangan Tarekat dan Pesantren di Indonesia. Jurnal Spirituallita, 3(1): 43-60.
Nida, F. L. K . (2014). Zikir Sebagai Psikoterapi Dalam gangguan Kecemasan Bagi Lansia. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1):133-150
Safitrf, I. (2013). Kepercayaan Gaib dan Kejawen Studi Kasus Pada Masyarakat Pesisir Kabupaten Rembang. Jurnal Kajian Kebudayaan, 8(1): 18-28.
Sigit, F. A. (2019). Budaya Spritual Kejawen "PRASETYO MENUNGGAL KARSO" Sebagai Wujud Pluralisme Kepercayaan Masyarakat Boyolali. Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat,32 (1),555-572.
Spradley, J. (2006). Metode Etnografi. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Widjayanti, R.S. (2015). Perbandingan Shalat Dan Laku Manembah Aliran Kebatinan Pangestu Dan Sumarah. Jurnal Studia Insania, 3(1) : 63-78.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License