Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1).
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Educational Researcher, 18(3), 4–10. https://doi.org/10.3102/0013189X018003004
Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2311
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Hashemi, S. A. (2011). The Use of Critical Thinking in Social Science Textbooks of High School: A Field Study of Fars Province in Iran. Online Submission, 4(1), 63–78.
Idol, L., & Jones, B. F. (Ed.). (1991). Educational Values and Cognitive Instruction: Implications for Reform. In Educational Values and Cognitive Instruction: Implications for Reform (1 ed., hal. 11). Routledge.
Lai, E. R. (2011). Critical Thinking: A Literature Review. In Pearson. https://doi.org/10.1046/j.1537-2995.1995.35395184278.x
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Sunderman, 1(1), 28–43. 10.1109/ITHET.2016.7760744
Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. vol 9 No 1, 9(1), 1–15. http://jurnal.upi.edu/file/Enok_Maryani.pdf
Meldina, T., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).
Munastiwi, E. (2015). Implementasi pendekatan Santifik pada prndidikan Anak usia dini. 1(2), 43–50. https://doi.org/10.14421/jaa.2015.12.43-50
Mutiani, & Faisal, M. (2019). Urgency of the 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1–11.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210
Saharuddin, & Mutiani. (2020). Strategi Pembelajaran IPS : Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. Abbas (Ed.)). FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran IPS. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS dan PkN, 2(1), 7–12.
Saputra, R., Kurniawan, N. A., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(01), 111–116.
Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.576
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License