Hubungan Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Pancasila: Wujud Implementasi Nilai Pancasila

Andika Rizky Nugraha(1), Dinie Anggraeni Dewi(2),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract


This research aims to describe how the values of Pancasila are implemented in community life, elementary schools and students. The research method used a qualitative approach with a literature study method. The information that is used as study material comes from literary sources such as journals, article, and books. The results showed that the implementation in the society of Pancasila Village and MI Hambail Falah has been carried out well and of course can be used as an example for the society and other students. And for the college student environment (campus), the implementation of Pancasila values can be integrated with state defense attitudes such as: love for the homeland, awareness of the nation and state, belief in Pancasila as the state ideology, a sense of willingness to sacrifice, and finally having the basic ability to defend the state


Keywords


Citizens, Implementation; Vlaue; Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Asmaroini, A.P. (2016). Implementasi Nilia-Nilai Pancasil Bagi Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 4(2): 440-450. Tersedia: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1077/941

Cahyaningrum, Dwijayanti. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Sd Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. (Tugas Akhir Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Damanhuri, (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa (Studi Kasus Di Kampung Pancasila Desa Tanjung Sari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang). Untirta Civic Education Journal. 1(2): 185-198. Tersedia: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/download/1890/1459

Danniarti, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Wawasan Kebangsaan Pada Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 7 Palembang. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 2(1): 187-203. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/230873-implementasi-nilai-nilai-pancasila-sebag-f40438b9.pdf

Hadi, S. (1995). Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayat, S.I. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Perguruan Tinggi Melalui Pemberian Mata Kuliah Pendidikan Bela Negara. Tersedia: https://www.upnjatim.ac.id/images/upnjatim/documents/syarif.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi. 2016. Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas– Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman. 6(1): 84-100. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/332708-implementasi-nilai-nilai-pancasila-peser-dc4822dc.pdf

Krisnamukti, Bagus Pradhana dkk. (2020). Implementasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya di Malang. Jurnal Rontal Keilmuan PKn. 6(1): 66-72. Tersedia : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1445/66-72

Mantra, I.B. (2008). Filsafat Penelitian & Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1992. Analisis data kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muzayin. 1992. Ideologi Pancasila (Bimbingan ke Arah Penghayatan dan Pengamalan bagi Remaja). Jakarta: Golden Terayon Press.

Octavian, W. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilainilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 5(2):123-128. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/download/7904/pdf

Soeprapto. (2005). Implementasi Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Ketahanan Nasional. 10(2): 17-28. Tersedia: https://jurnal.ugm.ac.id/jkn/article/view/22960/15222

Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga, JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7 (2) (2015): 162-165.

Suharyanto, A. (2017a). Pemahaman Siswa Tentang Konsep Demokrasi Dalam Pendidikan Kewarganegaraan, dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 530-534

Suharyanto, A. (2017b). Dilema Multikulturalisme Pada Masyarakat Multikultur Di Medan. Jurnal Kewarganegaraan 25 (PPKn, FIS, Universitas Negeri Medan), 118-127

Suharyanto, A., (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa, JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political UMA), 2 (1): 192-203

Sundawa, D., & Sofyan, F.S., (2015). Hubungan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Semangat Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 24(2): 185. Edisi Desember 2015. Diakses dari: https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/download/1455/1003

Winataputra, U.S. (2014). Diskursus Aktual Tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam Konteks Kurikulum 2013. Bahan Diskusi dalam Semnas PKn-AP3KnI. [online] Tersedia: https://docplayer.info/31933918-Diskursus-aktual-tentang-paradigma-pendidikan-kewarganegaraan-pkn-dalam-konteks-kurikulum-2013-bahan-diskusi-dalam-semnas-pkn-ap3kni-tahun-2014.html

Zed, M. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Tersedia: http://repository.upi.edu/7367




DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)

Publisher: Mahesa Research Center

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License