Peningkatan Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama Membaca Puisi dengan Metode Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan
(1) Universitas Samudra
(2) Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Langsa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agriawan. (2001). Belajar yang Menyenangkan Sebuah Prosedur. Gema Media. Jakarta.
Agus, M. (2001). Pendekatan Belajar Aktif. Angkasa: Bandung
Ali, M, (1988). Konsep dan Penerapan CBSA dalam Pengajaran. Bandung: P.T. Sarana Panca Karya.
Arikunto, S. (2009). Pengololaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Rajawali Pers.
Bugin, M. (2008). Penelitian Kualitatif di unduh di htbp;//educatioan. Jlab. Org/radngninglwater. Cicle 01.gif.
Daiches. (2000). Macam-Macam Puisi di unduh di http;//educatioan. Jlab. Org/radingAing/ water. Cicle 01.gif.
Depdiknas. (2006). Kurikulum K-13 SMP/MTs. Jakarta: Ditjen Dikdas.
Depdiknas. (2008). Pembelajaran Dengan Metode Pakem. Jakarta: Diden Diknas.
Hendriani, Y, (2007). Model Pembelajaran PAKEM. SD Bandung: PPPG.
Iqbal, M.A. (2002). Inovasi Pembelajaran . Jakarta; Pustaka Karya
Maleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Mulyani, A.N. (1981). Pembinaan Minat Baca dan Promosi Perpustakaan. Berita Perpustakaan Sekolah, I, 24 – 29.
Nurhadi. (1987). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru dan Malang: YA3 Malang.
Pertiwi, A.W.E. Madinah, F.Z. & Wulandari, R. (2017). Estetika Antologi Puisi-Puisi Pujangga Baru. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 2 (1): 9-19.
Rusyanto, H .(2001). Cara Belajar Menyenangkan. Jakarta: Depdikbud.
Semiawan, C, dkk. (1987). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia
Situmorang, B.P. (1983). Puisi. Teori Apresiasi Bentuk dan Struktur. Ende-Flores:Nusa Indah.
Sudjana, N. (1987). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Suharianto. (2000). Pengantar Apresiasi Puisi. Surakarta: Widya Duta.
Suparlan, D, & Danny. (2008). PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Bandung : PT Genesindo
Suprihatin. (2001). Belajar yang Efektif. Analisa: Jogjakarta.
Syah, M. & Kariadinata, R. (2009) Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Tim MBS Unesco-Unicef. 2003. Menciptakan Masyarakat Peduli Pendidikan (Paket Pelatihan ). Jakarta: Perwakilan Unesco –Unicef.
Waluyo, H.J. (1998). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga
DOI: https://doi.org/10.34007/jehss.v2i1.65
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License